Tips Lolos DA Indonesia Mengajar | Paradigma Bintang

Tips Lolos DA Indonesia Mengajar

Ada yang kirim email kepada saya, bertanya terkait pengalaman saya mengikuti Direct Assessment (DA) Calon Pengajar Muda (CPM) Gerakan Indonesia Mengajar. Melalui tulisan ini saya akan mencoba menjawab. Direct Assessment (DA) adalah salah satu rangkaian yang tidak terpisahkan dalam seleksi  CPM. DA adalah penilaian langsung atau tes tahap kedua yang harus diikuti CPM setelah dinyatakan lolos seleksi penulisan essay dan profil diri secara online. DA memiliki rangkain tes dalam satu hari yang meliputi tes potensi akademik, psikotes, leaderless group discussion (LGD), micro teaching, interview, teamwork dan praktik menghadapi stakeholder alias pemangku kepentingan daerah seperti Bupati, Kepala Dinas Pendidikan. 

Lolos DA IM

Bagi kamu yang ingin menghadapi DA, berhasrat banget menjadi PM, kamu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar DA kamu berjalan lancar. Ya setidaknya sebelum menghadapi DA, perlu banget buka-buka buku psikotes, TPA,  perlu juga baca-baca tentang isu-isu terkini, update hal-hal terbaru utamanya terkait masalah pendidikan, persiapkan juga materi ajar yang akan disampaikan saat microteaching, hal ini juga termasuk cara mengajar, metode tindakan kelas, bagaimana menghadapi anak-anak kecil usia SD yang tidak bisa diprediksi akan seperti apa di dalam kelas. Kamu juga perlu menguasai essay yang kamu tulis, saat interview itu pasti ditanya. Dan jangan lupa juga, kamu harus siap menjadi seorang team player yang baik, bisa berkontribusi dalam membantu kerja tim, hal ini akan terlihat dalam praktik simulasi menghadapi stakeholder. Bagi yang punya bakat akting atau drama boleh banget dipakai saat diminta praktik ya.

Nah, tahapan DA adalah bagian paling penting dalam seleksi CPM. Jika setelah beberapa hari pasca DA, kamu mendapatkan surat cinta dari pihak Indonesia Mengajar (IM) yang mengabarkan “SELAMAT ANDA LOLOS TAHAP DIRECT ASSESSMENT!” itu artinya 90 persen kamu sudah akan menjadi kandidat kuat Calon Pengajar Muda yang akan diundang ke tahap berikutnya. Dan 10 persennya ditentukan oleh seleksi tahap akhir, yaitu medical checkup yang sepenuhnya ditanggung pihak IM. Kalo hasil medical checkup bagus, dinyatakan normal, akan datang surat cinta lagi berupa penandatanganan kontrak. Setelah itu apa lagi? Persiapkan diri kamu sebaik mungkin berupa mental, fisik, peralatan/perlengkapan menuju pelatihan intensif Calon Pengajar Muda selama kurang lebih 5-6 minggu. Jika kamu melewati pelatihan intensif, maka kamu resmi menjadi Pengajar Muda yang siap bertugas dan megemban misi pendidikan selama satu tahun di belahan bumi yang mungkin kamu tidak pernah tahu sebelumnya. Selamat berproses!

Baca juga Tips Menulis Essay Indonesia Mengajar
Baca juga Contoh Menulis Essay Indonesia Mengajar

0 Response to "Tips Lolos DA Indonesia Mengajar"

Post a comment