Pertanyaan Cerdas Tentang Masyarakat ASEAN | Paradigma Bintang

Pertanyaan Cerdas Tentang Masyarakat ASEAN

  • Bagaimana gambaran singkat tentang Masyarakat ASEAN? Masyarakat ASEAN akan menjadikan 10 negara anggotanya lebih dekat, terikat oleh visi bersama untuk mewujudkan kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera secara berkesinambungan. Pembangunan Masyarakat ASEAN terdiri atas tiga pilar utama yaitu: politik-keamanan, ekonomi dan sosial-budaya. Pembentukan Masyarakat ASEAN adalah tonggak sejarah penting dalam evolusi ASEAN sebagai sebuah organisasi dengan identitas kawasan yang sama, rumah bagi 620 juta jiwa, dan aspirasi menuju ''Satu Visi, Satu Identitas, Satu Masyarakat''.
  • Masyarakat ASEAN mulai berlaku pada tanggal 31 Desember 2015, perubahan-perubahan apa yang diperkirakan terjadi? Pembangunan Masyarakat ASEAN adalah proses berkesinambungan, bukan suatu transformasi yang dapat dilakukan secara instan. Sejauh ini, negara anggota ASEAN telah melakukan upaya-upaya dalam ketiga cetak biru Masyarakat ASEAN, yang bertujuan untuk memulai proses integrasi. Selanjutnya, para Kepala Negara ASEAN telah menyepakati Visi ASEAN 2025 yang akan memandu arah integrasi untuk 10 tahun ke depan.  
  • Bagaimana Masyarakat ASEAN akan mempengaruhi kehidupan saya? Tujuan utama dari integrasi kawasan adalah untuk meningkatkan taraf hidup Masyarakat ASEAN. Deklarasi Kuala Lumpur 2015 tentang pembentukan Masyarakat ASEAN yang disahkan para Kepala Negara ASEAN pada KTT ASEAN ke-27 bulan November 2015, menyuarakan aspirasi terbentuknya Masyarakat ASEAN yang berlandaskan hukum, berorientasi dan berpusat pada masyarakat, serta aktif berpartisipasi dan memperoleh manfaat sepenuhnya dari proses integrasi dan pembangunan Masyarakat ASEAN yang berkesinambungan.
  • Apakah saya dapat bepergian secara bebas atau bekerja di negara ASEAN lainnya? Berbagai kesepakatan dan inisiatif ASEAN telah mempermudah perjalanan di antara negara-negara ASEAN. Akan lebih banyak lagi kesepakatan dan inisiatif yang akan dikeluarkan terkait hal tersebut. Dalam hal lapangan pekerjaan, pengaturan pengakuan bersama (Mutual Recognition Arrangements) di dalam Masyarakat ASEAN memberikan kebebasan lebih kepada tenaga terampil profesional yaitu : insinyur, perawat, arsitek, land surveyor, dokter umum, dokter gigi, akuntan, serta tenaga pariwisata.
  • Beberapa negara ASEAN memiliki perbedaan satu sama lain. Bagaimana Masyarakat ASEAN menyikapi hal ini? Selayaknya keluarga, negara anggota ASEAN mungkin memiliki pandangan berbeda dalam berbagai isu, seperti masalah perbatasan yang belum terselesaikan. Namun demikian, negara anggota ASEAN dengan panduan Piagam ASEAN, berkomitmen untuk menyelesaikan segala perselisihan secara damai. ''ASEAN Way'' adalah prinsip untuk membangun Masyarakat ASEAN yang berlandaskan konsensus, menghindari konfrontasi, menjunjung moderasi di atas ekstrimisme, serta menyelesaikan sengketa secara damai. ASEAN memiliki sejumlah kesepakatan untuk mendorong perdamaian, kerja sama dan solidaritas kawasan, Kesepakatan tersebut Declaration on the Zone of Peace, Freedom, and Neutrality  (ZOPFAN) tahun 1971, Treaty of Amity and Cooperation tahun 1976, serta Protocol for Enhanced Dispute Settlement Mechanism tahun 2004 untuk penyelesaian sengketa ekonomi. Untuk memelihara perdamaian, keamanan dan stabilitas di Laut Tiongkok Selatan, ASEAN dan RRT telah mengesahkan ASEAN Declaration on the South China Sea (1992) dan Declaration on the Conduct of Parties in the South China Sea (2002). Contoh lain bagaimana ASEAN menyelesaikan tantangan-tantangan lintas batas adalah disepakatinya ASEAN Agreement on Transboundary Haze Pollution.      
  • Sumber: Iklan Sekretariat ASEAN yang dimuat di KOMPAS, 31 Desember 2015.       

0 Response to "Pertanyaan Cerdas Tentang Masyarakat ASEAN"

Post a comment