Tips Mudah Mewujudkan Ketahanan Pangan di Rumah | Paradigma Bintang

Tips Mudah Mewujudkan Ketahanan Pangan di Rumah

Salah satu persoalan terkini yang banyak dikeluhkan masyarakat adalah naiknya harga cabai dan beras. Langkanya stok kedua komoditas tersebut, tingginya aktivitas  permintaan pasar yang melonjak tajam dan pada waktu yang bersamaan terjadi kemarau panjang sehingga banyak komoditas pertanian yang gagal panen menyebabkan produsen tidak dapat memenuhi permintaan pasar secara proporsional. Kondisi ini yang kemudian menjadikan harga cabai dan beras tergolong mahal di pasaran.

Berdasarkan pemberitaan Kompas.com, harga cabai merah rawit berada di kisaran Rp100.000 per kilogram dan harga cabai merah keriting berada di kisaran Rp.80.000 per kilogram. Pun, harga 5 kilogram beras premium di toko retail seperti di Indomaret dan Alfamart beberapa waktu terakhir konsisten menyentuh angka Rp69.500.

Lalu apa yang semestinya diperbuat? Haruskah terus-terusan mengeluh dan mengutuk keadaan? Hemat penulis, stop mengeluh dan mulailah melakukan hal konkret berbasis aksi nyata. Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan adalah memberdayakan halaman rumah, rooftop rumah, ruang kosong yang ada di sekitar rumah dengan menanaminya berbagai varian tanaman seperti sayur, buah, dan termasuk di dalamnya cabai yang kini harga per kilonya dikeluhkan banyak orang. Mereka keberatan dengan harga tinggi cabai.

Jika pola pikir masyarakat kita hanya sebatas konsumtif, mau terima jadi, dan tidak berani berpikir bagaimana menjadi produktif, berdikari, mandiri, ikut mengupayakan agar komoditas konsumsi dapat diciptakan dan diproduksi sendiri, saya pikir persoalan ketahanan pangan kita tidakk akan pernah selesai. Jadi, mari menjadi produktif dari sekarang dan segera lakukan aksi.

Tips Mudah Mewujudkan Ketahanan Pangan di Rumah
Sumber gambar: dokumen pribadi

Sejatinya kita tidak perlu pergi ke pasar hanya untuk membeli cabai karena pada dasarnya kita dapat memenuhinya secara mandiri. Jadi, mari ikut mewujudkan ketahanan pangan nasional dengan kreatif, inovatif, dan gerak cepat.

Berdayakan pekarangan rumah kita dengan menanaminya komoditas-komoditas keseharian seperti cabai, tomat, kangkung, sawi, terong, papaya, bayam, dan sebagainya. Dengan begitu, kita bisa berdikari dan merdeka dari kegiatan konsumtif harus membeli dengan harga selangit.

Saya pribadi telah melakukan ini, jadi saya berdayakan celah kosong di depan rumah dengan menanam cabai rawit. Jadi, hanya berbekal polybag, tanah, pupuk organik, taburan biji cabai rawit, dan air, tanaman cabai saya tumbuh subur dan kini siap sedia untuk dipanen. Saya tidak perlu pusing harus mengeluarkan uang hanya untuk memenuhi konsumsi cabai. Kapan pun saya butuh cabai, saya tinggal petik saja tanpa harus bayar. Saatnya mewujudkan ketahanan pangan berbasis aksi.

0 Response to "Tips Mudah Mewujudkan Ketahanan Pangan di Rumah"

Post a Comment