Prioritas Keilmuan Beasiswa LPDP | Paradigma Bintang

Prioritas Keilmuan Beasiswa LPDP

Anda ingin mendaftar dan meraih beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kemenkeu RI? Sebuah beasiswa dari Pemerintah Indonesia yang saat ini sedang naik daun dan fenomenal. Sebelum anda memutuskan untuk mendaftar, submit aplikasi beserta berkas-berkasnya, dan mengikuti rangkaian seleksinya ada baiknya anda harus tahu passing grade yang digunakan sebagai acuan kelulusan dalam seleksi beasiswa LPDP. Ini penting agar anda bisa mengukur diri, biar bisa mempersiapkan diri. Jika kurang segera ditambah dan dibenani, jika sudah confident tinggal dipoles lebih sempurna lagi. Well, sekedar informasi bahwa beasiswa LPDP diperuntukkan untuk mencetak pemimpin  dan profesional yang diharapakan dapat mendukung pembangunan Indonesia. Karenanya, lembaga ini benar-benar selektif dalam menyaring calon kandidat penerimanya. Tak pelak, mulai tahun anggaran 2017 mekanisme seleksi beasiswa LPDP semakin ketat alias tidak main-main.

Prioritas Keilmuan LPDP
Sumber: LPDP Kemenkeu 2017

Dimulai dari seleksi administrasi yang mencakup macam-macam berkas seperti sertifikat TOEFL 500>bagi jalur regular tujuan kampus dalam negeri, surat keterangan sehat plus bebas narkoba, SKCK, ijazah, transkrip, tiga essay, Letter of Acceptance (LOA) bagi yang memiliki, surat izin atasan bagi yang bekerja, surat rekomendasi dari tokoh bagi yang tidak bekerja. Bagi yang lolos administrasi, ada seleksi online yang mencakup tes kepribadiaan dan potensi diri. Bagi yang lolos seleksi online berhak mengikuti seleksi akhir berupa seleksi substansi yang mencakup tiga hal, antara lain: wawancara, leaderless group discussion (LGD), dan essay on the spot. Nah, seleksi substansi inilah yang akan menentukan masa depan anda. Untuk lulus anda harus mencapai passing grade yang ditetapkan LPDP. Ada tiga kategori (layer) passing grade yang dijadikan indikator oleh pihak LPDP memutuskan apakah anda berhak mendapat beasiswa LPDP atau sebaliknya anda ditolak. Berikut adalah passing grade LPDP yang wajib anda ketahui:

Layer 1: prioritas pertama terdiri dari bidang keilmuan teknik, sains, pertanian, kelautan perikanan, dan kedokteran/kesehatan dengan passing grade 700
Layer 2: prioritas kedua terdiri dari bidang ilmu keilmuan, hukum, pendidikan, akuntansi/keuangan, dan agama dengan passing grade 750
Layer 3: prioritas ketiga terdiri dari bidang keilmuan ekonomi, sosial, politik, budaya/Bahasa, dan bidang lainnya dengan passing grade 800
Layer 4: diperuntukkan untuk peserta afirmasi dengan passing grade minimal 600 (untuk semua prioritas). Layer ini merupakan yang paling enak, passing gradenya paling rendah. Jika anda memenuhi syaratnya, saya rekomendasikan anda untuk mendaftar lewat jalur afirmasi. Jika tidak, daftarlah lewat jalur reguler dan bersiaplah bertempur dengan para pesaing lain dari jalur reguler. 

Selain passing grade di atas, hal lain yang perlu diketahui adalah bahwa kelulusan kandidat penerima beasiswa LPDP didasarkan pada rekomendasi dari tim interviewer independen dan psikolog.

Nah, sekarang anda sudah tahu passing grade dalam seleksi beasiswa LPDP. Di sana ada prioritas bidang keilmuan, semakin tinggi disiplin ilmu yang diprioritaskan passing gradenya semakin rendah. Beban usaha mencapai grade pun tidak sekeras layer lainnya. Sebaliknya, semakin rendah prioritas keilmuan yang dibutuhkan passing gradenya semakin tinggi seperti di layer ketiga. Bagi anda yang ingin mendaftar dan termasuk dalam rumpun keilmuan sosial, politik, budaya/bahasa dan sejenisnya ada baiknya anda mempersiapkan diri dengan matang. Perlu kerja keras ekstra untuk mencapai nilai 800. Kerja keras, kerja keras, dan kerja keras! Setelah itu biarlah Tuhan yang menentukan. 

0 Response to "Prioritas Keilmuan Beasiswa LPDP"

Post a Comment