Passing Grade SKD CPNS 2017 | Paradigma Bintang

Passing Grade SKD CPNS 2017

Bagi anda yang akan menghadapi ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 baik di lingkungan Mahkamah Agung (MA), Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), atau yang sedang menunggu ujian CPNS periode kedua di banyak lembaga kementerian dan instansi negara lainnya yang akan mulai berlangsung Oktober 2017 mendatang, fase pertama yang harus anda hadapi adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis komputer (computer assisted test/CAT). Setiap kandidat dari formasi umum wajib mengikuti SKD untuk mengukur tingkat kelayakan dan kepatutannya sebagai calon abdi negara. Dalam SKD CPNS, akan ada 100 soal yang mesti diisi oleh peserta. Dari 100 soal, ada 35 soal untuk bidang Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), 30 soal untuk bidang Tes Intelegensia Umum (TIU), dan 35 soal untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP). 

Passing Grade SKD CPNS 2017
Sumber: Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No 22 Tahun 2017
Setiap soal yang dijawab dengan benar mendapat nilai 5, jika tidak dijawab atau soal dijawab tapi salah nilainya 0. Kecuali untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), semua jawaban dianggap benar, namun bobot nilainya berbeda-beda, kisarannya antara 1-5. Nah, untuk lolos SKD, anda harus mencapai ambang batas nilai tertentu sebagaimana telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PERMENPANRB) No 22 tahun 2017 tentang nilai ambang batas Tes Kompetensi Dasar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil. Berikut nilai ambang batas yang dijadikan ukuran kelulusan setiap kandidat CPNS dalam seleksi kompetensi dasar.


82 % dari nilai maksimal (175) Tes Karakteristik Pribadi, dengan jumlah soal 35. Jadi, dalam Tes Karakteristik Pribadi (TKP) minimal anda harus meraih nilai 143. Atau minimal jumlah soal benar yang harus anda kerjakan dengan mendapat poin 5 untuk setiap soalnya adalah sebanyak 28 soal.

53 % dari nilai maksimal (150) Tes Intelegensia Umum, dengan jumlah soal 30. Jadi, dalam Tes Intelegensia Umum (TIU) minimal anda harus meraih nilai 80. Atau minimal jumlah soal benar yang harus anda kerjakan adalah sebanyak 16 soal.

43 % dari nilai maksimal (175) Tes Wawasan Kebangsaan dengan jumlah soal 35. Jadi, dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), minimal anda harus meraih nilai 75.  Atau minimal jumlah soal benar yang harus anda kerjakan adalah sebanyak 15 soal.


Sumber: Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No 22 Tahun 2017

Dengan begitu, total nilai minimal yang harus anda capai adalah 298 dari nilai maksimum 500. Semakin tinggi nilai anda semakin terbuka kesempatan anda lolos ke Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) karena yang akan dipanggil mengikuti SKB adalah peserta dengan nilai terbaik dan secara peringkat tidak melebihi tiga kali jumlah formasi jabatan yang dibutuhkan dalam suatu wilayah.


Untuk diketahui, nilai SKD memiliki bobot 40 % sementara nilai SKB memiliki bobot 60% guna menetapkan kelulusan akhir setiap peserta CPNS.  Untuk mencapai hasil maksimal, satu-satunya cara adalah dengan banyak berlatih-belajar. Dan Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) memfasilitasi setiap warga negara untuk berlatih mempersiapkan SKD berbasis komputer dengan memberikan akses layanan simulasi tes yang dapat dinikmati sebagaimana yang ada dalam link berikut: http://cat.bkn.go.id/simulasi/

Jika anda berminat, tinggal daftar (gratis) dan nikmatilah fasilitas layanan simulasi tes ini sepuas mungkin tanpa harus merasa sungkan. Semakin banyak berlatih, semakin matang persiapan anda dalam menghadapi tes yang sesungguhnya. Selamat berlatih dan mempersiapkan diri!
                                                                                                
Baca juga Tahapan Seleksi CPNS 2017

9 Responses to "Passing Grade SKD CPNS 2017"

  1. bagus sekali informasinya
    bidang saya itu, mudah-mudahan untuk tahun depan kalau ada tes dapat keterima

    ReplyDelete
  2. sapa tau tahun ini ada tes dan masuk kategori tersebut

    ReplyDelete
  3. Ternyata ada simulasi tesnya, makasih infonya gan saya bakal.banyak berlatih supaya tahun bisa keterima

    ReplyDelete
  4. Menurut pendapat sy baiknya passing gratenya ditinggikan, 3 - 5 %, karena ini kan aturan lama, aedangkan skr kompetisi semakin meningkat.

    ReplyDelete