Platform Merdeka Mengajar, Jalan Terang Pemerataan Kualitas Guru | Paradigma Bintang

Platform Merdeka Mengajar, Jalan Terang Pemerataan Kualitas Guru

Pendidikan Indonesia dewasa ini berada dalam jalan yang tepat untuk kemudian naik kelas menjadi unggul dan terbang tinggi dari sebelumnya. Salah satu penanda dari hal tersebut adalah implementasi pendidikan Indonesia saat ini dikelola dengan standar pendidikan dunia tanpa menghilangkan nilai-nilai lokal yang menjadi kebanggaan Indonesia. Saya sebagai anak bangsa, pemerhati pendidikan mengapresiasi setinggi-tingginya atas inisiatif dan kerja keras pemerintah untuk memajukan pendidikan Indonesia.

 

Platform Merdeka Mengajar, Jalan Terang Pemerataan Kualitas Guru
Sumber: kemdikbud.go.id

Empat tahun terakhir, di bawah kepemimpinan Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, pendidikan Indonesia mengalami transformasi besar-besaran. Praktik pendidikan Indonesia benar-benar dibuat keren, dimulai dengan peluncuran Merdeka Belajar sebagai arah baru Pendidikan Indonesia dilanjutkan dengan adanya gebrakan-gebrakan fenomenal di bidang kebijakan pendidikan yang dikemas dalam bentuk episode Merdeka Belajar seperti peniadaan ujian nasional yang memang terbukti tidak efektif membentuk mental serta karakter anak didik Indonesia, berlanjut dengan pemberlakuan Kurikulum Merdeka dan turunannyasiapa pun dapat menyaksikan pendidikan Indonesia saat ini sedikit banyak mengalami perubahan.  

Di antara perubahan positif yang timbul sebagai dampak dari kebijakan Merdeka Belajar dan pemberlakuan Kurikulum Merdeka adalah lahirnya ekosistem pendidikan baru berupa Merdeka Mengajar. Hemat saya, Merdeka Mengajar sukses melengkapi Merdeka Belajar. Jika dalam konteks siswa, seluruh peserta didik diberikan kemerdekaan untuk belajar, menemukan dan mengembangkan jati dirinya melalui pembelajaran formal, informal, dan nonformal berbasikan projek (project based) di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat. Maka dalam konteks pendidik, Merdeka Mengajar merupakan wadah yang memerdekakan setiap guru untuk belajar dan mengembangkan diri sehingga diharapkan berdampak positif terhadap meningkatnya kualitas para guru Indonesia.

Keberadaan Platform Merdeka Mengajar yang berbasis aplikasi digital memungkinkan siapa pun pendidik di Indonesia untuk berkreasi, berbagi praktik baik pendidikan tanpa harus khawatir diminta bayaran karena platform tersebut diciptakan khusus untuk memerdekakan guru-guru Indonesia dari kewajiban membayar hanya untuk mendapatkan konten-konten pendidikan berkualitas. Sebagai informasi, penulis adalah mantan karyawan di sebuah perusahaan teknologi pendidikan yang ada di Indonesia. Penulis tahu betul bagaimana efektifnya keberadaan platform digital dalam menyebarkan spirit, inspirasi, dan nilai-nilai positif pendidikan untuk anak-anak didik dan para pendidik Indonesia.

Saat masih aktif bekerja sebagai karyawan perusahaan edutech, penulis pernah berpikir, jika negara mau mengadopsi ide platform pendidikan berbayar yang digarap pihak swasta alangkah indahnya pendidikan Indonesia. Rupanya, hal tersebut diwujudkan secara nyata oleh Kemendikbudristek pimpinan Mas Menteri Nadiem. Platform Merdeka Mengajar yang kini sudah digunakan oleh jutaan guru di Indonesia menurut penulis adalah bukti konkret betapa teknologi jika digunakan untuk hal-hal baik akan berdampak dahsyat bagi umat manusia. Apalagi dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan, tentu akan sangat mendatangkan banyak efek positif. Misalnya, akan banyak guru yang melek teknologi, dari yang sebelumnya mungkin gagap teknologi, dengan adanya platform gratis yang difasilitasi oleh negara menjadi tech savvy, paham digital, tahu bagaimana cara berkreasi, membuat konten edukasi dan menyebarkannya untuk kepentingan pendidikan. Dari yang sebelumnya malu-malu tampil di depan kamera dalam menyajikan konten pembelajaran menjadi percaya diri dan open minded. Dari yang kekurangan ide dalam membuat konten pembelajaran menjadi kaya ide hanya dengan menonton inspirasi konten video yang dibuat oleh guru lain di Platform Merdeka Mengajar. Dari yang kekurangan inspirasi dalam menerapkan Kurikulum Merdeka dengan mengakses konten yang dibagikan oleh guru lain terkait praktik baik penerapan Kurikulum Merdeka menjadi semakin tercerahkan bagaimana seharusnya merealisasikan Kurikulum Merdeka di satuan pendidikan.

Penulis optimis, dengan Platform Merdeka Mengajar, jutaan guru Indonesia akan banyak terbantu, akan banyak yang yang terinspirasi sehingga ketimpangan kualitas guru sedikit banyak akan teratasi dengan keberadaan platform pendidikan gratis milik negara. Platform Merdeka Mengajar adalah jalan jalan terang pemerataan kualitas guru. Inilah komitmen serius negara dalam upaya memajukan pendidikan Indonesia. Saya pemerhati pendidikan Indonesia, saya mendukung penuh setiap kebijakan positif pemerintah. Mari manfaatkan betul Platform Merdeka Mengajar untuk pendidikan Indonesia yang lebih ideal dan berkemajuan!

#Merdeka Belajar #Merdeka Mengajar #Kurikulum Merdeka

Baca juga Passing Grade Seleksi Skolastik LPDP 2024

0 Response to "Platform Merdeka Mengajar, Jalan Terang Pemerataan Kualitas Guru"

Post a Comment