Membangun Karakter Anak dari Perpustakaan | Paradigma Bintang

Membangun Karakter Anak dari Perpustakaan

Salah satu tempat paling efektif untuk membangun karakter dan mental anak adalah perpustakaan. Di sini semuanya bermula,  anak-anak dilatih untuk disiplin dalam menepati kesepakatan bersama setiap pukul 07.00 WIB harus masuk perpustakaan untuk kemudian mengambil buku yang tersedia di rak dan segera mencari posisi untuk melahap buku bacaan yang sudah dipilih. Di perpustakaan anak-anak dilatih untuk komitmen akan tugasnya, yang bertugas menjadi duta perpustakaan bertanggungjawab terkait administrasi perpus, seperti merekap data pembaca dan peminjam buku.


Yang bertugas sebagai piket harian perpustakaan bertanggungjawab atas kebersihan dan kerapian perpus. Semua anak mendapat peran dan kesempatan yang sama untuk berlatih dan mengembangkan diri.  Di perpustakaan pula mekanisme reward and punishment diterapkan. Yang terdata/tercatat sebagai pembaca aktif, paling sering membaca dan meminjam buku akan mendapatkan hadiah sebagai apresiasi dan yang bersangkutan otomatis menjadi pustakawan selama satu bulan. Tugasnya adalah menjadi duta perpustakaan yang bertanggung jawab akan kelangsungan perpustakaan. Mempromosikan kegiatan baca dan menjaga ketertiban perpus adalah tupoksinya. Inilah esensi perpustakaan, tempat yang tepat untuk mewujudkan  pendidikan karakter.








4 Responses to "Membangun Karakter Anak dari Perpustakaan"

  1. I think this library is a great thing for everyone. From here we can learn many new things and new things from the child. So this is very important.

    ReplyDelete
  2. While researching Top Quality Honda SnowBlowers, we got through hundreds of buyer and expert ratings and reviews, performance and are good to use.

    ReplyDelete
  3. I am impressed. I don't think Ive met anyone who knows as much about this subject as you do. You are truly well informed and very intelligent. You wrote something that people could understand and made the subject intriguing for everyone. Really, great blog you have got here.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks million..How could you understand the content of my blog in which I wrote in Indonesian?

      Delete