Kliping Opini Mencintai Indonesia | Paradigma Bintang

Kliping Opini Mencintai Indonesia

Berikut adalah opini saya yang sempat dimuat di halaman 7 harian Kompas, Rabu, 23 Agustus 2017.  Opini ini saya tulis khusus sebagai hadiah spesial menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan (HUT) Republik Indonesia yang ke 72. Selamat membaca! Berikut adalah filenya.

Mencintai Indonesia 

Saya lahir dan besar di Madura, tetapi j ika harus memilih Madura atau Indonesia, jelas saya memilih Indonesia. Cinta saya kepada Indonesia melebihi cinta saya kepada tanah kelahiran saya berasal. Tahu kenapa?


Karena Indonesia adalah inspirasi terbesar saya. Ia dibangun dengan perjuangan dan pengorbanan yang tidak ternilai harganya. Mencintai Indonesia itu mutlak. Tidak bisa ditawar-tawar. Menjamurnya aksi radikalisme-terorisme yang mengancam stabilitas negara belakangan ini nyata-nyata mengancam eksistensi hidup dan kenyamanan kita bersama. Belum lagi organisasi masyarakat yang dalam praktiknya jelas bertentangan dengan asas dan ideologi negara kita:


Saat peringatan kelahiran Pancasila pada 1 Juni lalu, pemerintah mengusung slogan "Saya Indonesia, Saya Pancasila". Sangat positif dan inspiratif. Anak-anak bangsa disadarkan dan diingatkan dengan fakta abadi bahwa sampai kapan pun, landasan kita hidup di bumi Indonesia adalah Pancasila. Sebuah warisan agung, mahakarya para pendiri bangsa yang telah terbukti ampuh menyatukan dan menjaga persatuan kesatuan Indonesia.


Dalam mengenyam pendidikan,' saya bertemu dengan orang dari banyak latar etnisitas dan agama sejak SMP-SMA hingga perguruan tinggi. Teman dan guru.


Dalam pekerjaan pun begitu. Saya pernah berkumpul bersama anak-anak negeri, mulai dari Aceh hingga Papua. Bersama mereka, saya rasakan nikmatnya perbedaan suku, agama, budaya, bahasa, dan lain-lain. Saya merasakan kebahagiaan luar biasa. Saya bisa berinteraksi dengan mereka, memahami satu sama lain, bertukar ide, cerita, pengalaman, dan bersama mereka mensyukuri kebinekaan Indonesia. Mari mencintai Indonesia!


MOH ZAHIRUL ALIM 

Pegiat Kajian Kebangsaan, Alumnus Unibraw, Malang


Baca juga versi utuhnya di Opini Lengkap Mencintai Indonesia
Baca juga Peran Indonesia Sudah Tepat
Baca juga Indonesia-Malaysia: Dekat tetapi Jauh
 
Opini Mencintai IndonesiaMencintai Indonesia

2 Responses to "Kliping Opini Mencintai Indonesia"

  1. Keren mas opininya. Sampai sekarang masih aktif nulis juga mas

    ReplyDelete
  2. keren gan, dari dulu pengen bgt tulisan masuk koran tapi pernah kesampean hehe :D

    ReplyDelete