Anomali Tarif Perpanjangan SIM Keliling | Paradigma Bintang

Anomali Tarif Perpanjangan SIM Keliling

Tanggal 5 September 2016 lalu saya berkesempatan melakukan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) Keliling berbasis online. Kebetulan ketika itu saya ada agenda ke Jakarta Pusat, saya sempatkan untuk merasakan bagaimana layanan SIM Keliling diberikan? Apakah sesuai SOP atau tidak? Saya melakukan perpanjangan SIM Keliling di Kantor Pos Besar Jakarta Pusat, depan Lapangan Banteng. ini baru pertama kalinya saya menikmati layanan SIM Keliling, namun pengalaman saya selama mengurus SIM Keliling sangat bertolak belakang dengan harapan saya. Hal ini menyangkut  tarif yang tidak sesuai. Kebetulan saat itu, saya memperpanjang SIM C, menurut aturannya, tarif yang semestinya sebesar Rp. 75.000,-.Ternyata di luar dugaan, saat menyerahkan SIM petugas meminta tarif sebesar Rp. 135.000,-.

Anomali Tarif SIM

Dalam hati, jujur saya bertanya-tanya, kok tarif SIM keliling tidak sesuai dengan tarif yang semestinya, padahal di situs resmi polri (www.polri.go.id) mengacu pada PP No 50/2010 tentang Biaya Penerbitan SIM, telah tercantum secara jelas bahwa tarif perpanjangan SIM baik keliling ataupun tidak nominalnya sebesar Rp. 75.000,. Mohon tanggapannya, karena hal ini menyangkut hajat hidup orang banyak. Dan saya harap, pimpinan Polri segera melakukan inspeksi dan menindak oknum petugas yang menyimpang tersebut. Bukankah agenda besar Presiden Jokowi di bawah kepemimpinan Kapolri Tito Karnavian adalah reformasi Polri. Inilah saatnya untuk memulai dan mewujudkan harapan reformasi tersebut. Layanan publik harus benar-benar prima dan masyarakat harus dilayani dengan nyaman bukan dirugikan.  

 Tulisan ini dikirim juga ke Redaksi Pembaca KOMPAS

7 Responses to "Anomali Tarif Perpanjangan SIM Keliling"

  1. Kok disana kenapa gak ditanyakan langsung gan kepetugasnya masalah tarif tersebut..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya mau langsung sy protes gan, tapi batin sy menolak,takut bersitegang dan adu mulut..makanya sy lampiaskan dg tulisan gan..

      Delete
  2. thnks gan., siapa tau bsok mau perpanjang sim jd udah tau.. hehehe.

    ReplyDelete
  3. Bener sebaiknya dibicarakan aja bisa jadi ada biaya tambahan seperti admin atau lainnya.

    Ya kalau tau atasan mereka bertanya kepadanya, tentang prosedur harga yang berbeda tersebut.

    Kalau berupa tulisan seperti belum tentu terbaca kecuali mas kirimkan surat pembaca ke media baru terbaca. Semoga ada jalan yang terbaiknya biar harga sesuai dengan tarif yang udah ditentukan oleh undang-undangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, hari ini sy uda kirimkan tulisan di atas ke redaksi Surat Pembaca Kompas gan..

      Delete