Medali Emas dan Sejarah Baru Tontowi/Liliyana | Paradigma Bintang

Medali Emas dan Sejarah Baru Tontowi/Liliyana

Kabar gembira di hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 itu datang juga. Pasangan ganda campuran Indonesia dari cabang bulu tangkis  (Tontowi Ahmad/ Liliyana Natsir) yang berlaga di partai final pesta dunia olahraga empat tahunan (Olimpiade) Rio de Jenairo Brazil berhasil keluar sebagai juara setelah menaklukkan pasangan ganda campuran Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Yiung, dua set langsung, 21-14, 21-12. Kepastian itu datang di menit-menit akhir pergantian tanggal 17 Agustus menuju 18 Agustus, atau tepatnya pada pukul 23.57 WIB, tiga menit sebelum pergantian hari. Sebuah kado terbaik dan persembahan istimewa bagi Indonesa yang sedang merayakan hari jadi ke-71. 

Keberhasilan Tontowi/Lilyanan meraih medali emas di olimpiade Rio Brazil ini sejatinya merupakan sejarah baru bagi mereka dan bagi dunia bulu tangkis Indonesia. Pasangan yang baru berpasangan semenjak tahun 2011 itu sebelumnya hanya berhasil mencapai partai semifinal di Olimpiade London Inggris, gagal melaju ke partai final setelah di semi final dikalahkan pasangan ganda campuran China, Xu Chen/Ma Jin melalui tiga set, dengan skor, 23-21, 18-21, dan 13-21. Di perebutan medali perunggu, mereka juga gagal setelah ditaklukkan pasangan Denmark, Joachim Fisher/Christina Pedersen dengan skor 12-21, 12-21. 

Akhirnya kegagalan empat tahun lalu itu dibayar lunas pada pagelaran Olimpiade Rio Brazil tahun 2016 sekarang. Tontowi/Liliyana berhasil mencetak rekor sempurna sepanjang turnamen Olimpiade Rio. Dari fase penyisahan grup hingga partai puncak mereka tidak pernah kehilangan satu poin pun, alias tidak pernah kalah. Lawan mereka di final relatif ringan setelah di semifinal Tontowi/Liliyana berhasil melewati partai berat melawan ganda campuran unggulan pertama asal China, Zhang Nan/Zhao Yunlei yang tidak lain adala juara bertahan Olimpiade dengan dua set langsung, 21-16, 21-15.

Perjuangan sempurna Tontowi/Liliyana berhasil juga membuat sejarah baru bagi dunia bulu tangkis Indonesia. Tontowi Liliyana menjadi pasangan ganda campuran pertama yang berhasil memberikan medali emas sepanjang Indonesia mengikuti Olimpiade empat tahunan tersebut. Sebelumnya, medali emas untuk Indonesia pernah disumbangkan dari cabang bulu tangkis tunggal putra melalui Alan Budi Kusuma di Olimpiade Barcelona 1992, Taufik Hidayat di Olimpiade Athena 2004, tunggal putri melalui Susi Susanti di Olimpiade yang sama, Barcelona 1992. Ganda Putra, melalui Rexy Mainaky/Ricky Subagja di Olimpiade Atlanta 1996, Tony Gunawan/Chandra Wijaya di Olimpiade Sydney 2000, Markis Kido/Hendra Setiawan di Olimpiade Baijing 2008. 

Melalui perjuangan keras, keuletan, kesabaran menanti empat tahun, kegagalan Indonesia meraih medali di Olimpiade London 2012 terbayar sudah di Olimpiade Rio 2016, lagu kebangsaan Indonesia Raya kembali berkumandang melalui torehan prestasi fenomenal pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Seperti yang Liliyana bilang pasca kepastian mendapat medali emas, kegagalan di Olimpiade London 2012 dan kekalahan-kekalahan sebelumnya dibayar lunas dengan keberhasilan mereka di partai final ganda campuran Olimpiade Rio 2016. Inilah wujud dari Indonesia Kerja Nyata. Selamat! We are proud of you!

13 Responses to "Medali Emas dan Sejarah Baru Tontowi/Liliyana"

  1. Alhamdulillah akhirnya bisa dapat emas juga.. sekaligus jadi kado indah di HUT RI ke 71 selamat.... bangga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buah penantian dan kesabaran selama empat tahun gan..

      Delete
  2. Makin berjaya aja ya gan bulu tangkis Indonesia di mata dunia. . . :-)

    ReplyDelete
  3. Akhirnya ada sejarah baru di dunia bulutangkis lewat ganda campuran...

    ReplyDelete
  4. keren, medali emas pas hut ke 71..

    ReplyDelete
  5. Keren nih tadi malam gan ane aja sampai terharu nontonnya, kado terindah banget buat Indonesia, semangat Indonesia

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah pecah telor, ga pernah ga dibuat bangga sama owibutetπŸ™ŒπŸ™ŒπŸ™ŒπŸ™Œ

    ReplyDelete
  7. Selamat owi butet kalian telah mengharumkan nama indonesia dikancah internasional

    ReplyDelete
  8. ahhhhh bangga banget punya atlet berprestasi seperti mereka

    ReplyDelete
  9. Kado Terbaik !!!!!

    ReplyDelete
  10. Mantap sobat Semangat 45 :D

    ReplyDelete