Rahasia Besar Kesuksesan Tontowi/Liliyana | Paradigma Bintang

Rahasia Besar Kesuksesan Tontowi/Liliyana

Keberhasilan pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir meraih emas dalam Olimpiade Rio de Janeiro 2016 dari cabang bulu tangkis adalah sebuah pencapaian istimewa seorang anak bangsa yang telah membawa harum nama Indonesia di jagad olaraga dunia. Setelah sempat gagal di Olimpiade London 2012, akhirnya empat tahun kemudian mereka sukses menebus kegagalan itu dengan lunas dan sempurna. Pasangan Tontowi/Liliyana dari fase penyisihan group hingga partai final selalu menang dengan dua set, alias tidak pernah kalah dan kehilangan poin. Benar-benar sempurna.

Di balik kesuksesan mereka, tentu ada rahasia besar, tahukah anda apa rahasia besar kesuksesan Tontowi/Liliyana bisa tampil sempurna dan keluar sebagai peraih medali emas satu-satunya untuk Indonesia?
Baik, di sini saya ingin share tentang rahasia Tontowi/Liliyana bisa tampil maksimal dan sukses meraih  medali emas dalam pagelaran Olimpiade Rio 2016.

Sebagaimana dimuat harian Kompas, 18 Agustus 2016, disebutkan bahwa kunci sukses Tontowi/Liliyana  meraih medali emas dalam Olimpiade Rio 2016 dari cabang bulu tangkis sedikitnya ada tiga:

Fokus: Konsentrasi, mencurahkan segala perhatian pada satu hal yang dituju, tidak terpancing akan suatu hal yang mengganggu target yang dibidik, serta tidak terperngaruh provokasi lawan dan sekitar adalah kunci dasar manusia bisa meraih sukses. Dalam hal apapun, fokus adalah kuncinya. Tontowi/Liliyana memusatkan pikiran, tenaga, dan perhatian hanya untuk menang, juara, dan bermain maksimal. Ini bisa dilihat dari performa apik mereka yang sungguh-sungguh memukau. 

Kompak: Bermain berdua berarti bermain sebagai tim, menjadi pemain tim alias team player yang padu, satu irama, satu konsep strategi, dan satu misi juara adalah wujud turunan dari kompak itu sendiri. Jika sudah kompak, maka akan tercipta suatu pesenyawaan yang kuat antara team player. Satu sama lain akan saling mengerti, saling mendukung untuk mewujudkan cita-cita juara. Tontowi.Liliyana benar-benar menunjukkan bahwa permainan mereka benar-benar kompak.

Tenang: Bersikap rileks, santai, tapi pasti dan  meyakinkan adalah rahasia besar kesuksesan Tontowi/Liliyana meraih medali emas. Mereka tidak pernah bermain ceroboh, jarang melakukan kesalaan sendiri yang berujung kehilangan poin dan menguntungkan lawan. Praktis, dengan sikap tenang, penuh keyakinan sepanjang turnamen, tidak mudah terprovokasi dengan strategi lawan dan gangguan sekitar Tontowi/Liliyana selalu menang dua set langsung.

Inilah rahasia besar kesuksesan Tontowi/Liliyana meraih medali emas satu-satunya untuk Indonesia dalam Olimpiade Rio 2016. Bahwa, fokus, kompak,dan tenang, itulah kuncinya.
       

8 Responses to "Rahasia Besar Kesuksesan Tontowi/Liliyana"