Penyebab PSP3 Dipastikan Berakhir | Paradigma Bintang

Penyebab PSP3 Dipastikan Berakhir

Selasa (7/6/16) lalu saya berkesempatan singgah di Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Jawa Barat untuk mengikuti pertemuan dengan pegawai yang menangani proram kejuangan, kepemimpinan, dan kepeloporan pemuda. Agenda pertemuan membahas beberapa hal, di antaranya: Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) dana rintisan usaha PSP3 Kemenpora RI, revisi MOU, Laporan Bulanan, dan informasi-informasi teknis. Pertemuan berlangsung sekitar 1,5 jam, setelah acara selesai, pegawai terkait langsung meninggalkan aula pertemuan menuju kantor dinas, sementara pemuda-pemuda PPS3 sebagian besar masih banyak yang bertahan di ruang aula, mayoritas mereka memanfaatkan waktu luang dengan ngobrol, foto-foto, dan menyempurnakan MOU. Dirasa sudah beres, saya ketika itu berinistif untuk menermui pegawai yang menangani PSP3, tujuannya tidak lain untuk mencari tahu kepastian kabar PSP3 yang akan berakhir untuk selama-lamanya. Saya segera bergegas menuju ruang kantor di mana urusan PSP3 berada. 

PSP3 Tamat
Inilah awal petaka PSP3 harus distop
Sesampai di sana, dengan mengucap salam dan permisi, saya izin bertanya terkait hal yang membuat saya penasaran, saya sampaikan saya sudah lama mendengar kabar proram PSP3 dipastikan akan berakhir sebagaimana PNPM yang sudah berakhir lebih dahulu. Apakah benar demikian pak? Tanya saya kepada pak Erlan. "Iya memang benar, PSP3 sudah tidak ada lagi," jawab Pak Erlan. Saya kemudian bertanya lagi, "Kalau boleh tahu, kira-kira alasan PSP3 distop dan ditiadakan kenapa ya pak?  Dengan santai pertanyaan saya dijawab begini, "PSP3 menjadi sorotan nasional akibat tereksposnya hal-hal miring terkait keterlambatan biaya hidup. Presiden tidak menginginkan ada program yang ada biaya hidupnya," ujarnya. Kasus kematian yang menimpa Alm. Subhan, salah satu PSP3 angkatan XIII asal Aceh di Ambon 18 Mei 2015 akibat sakit, tidak bisa berobat lantaran biaya hidup tidak kunjung cair sempat dimuat di berita utama harian nasional KOMPAS, 23 Mei 2015. 

Inilah awal petaka program PSP3 harus dievaluasi dan ujungnya diberhentikan. Mendengar penjelasan dari otoritas yang berwenang saya puas, rasa penasaran terkait simpang siur kabar PSP3 terjawab sudah. Dalam waktu dekat, program PSP3 Kemenpora RI akan tutup usia di usianya yang ke 27, dan menurut yang tertera di kartu ID hal itu akan terjadi pada tanggal 6 September 2016. Baik angkatan XXIV maupun XXV semuanya akan menjadi saksi bahwa proram PSP3 tidak lama lagi akan dikubur, dan sebelum hal itu terjadi, marilah kita berupaya meninggalkan kenangan manis dan postif, gajah mati meninggalkan gading, PSP3 pensiun  meninggalkan karya dan pengabdian. Hari-hari mendatang PSP3 hanya akan tinggal nama dan kenangannya.



 

3 Responses to "Penyebab PSP3 Dipastikan Berakhir"

  1. sayang juga sih, ya.
    padahal dari yg saya lihat program PSP3 sgt membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, banyak yg bilang begitu..Tapi apalah daya, pemerintah yg punya wewenang..

      Delete
  2. hmm kenapa berakhir ya, padahal programnya sangat membantu

    ReplyDelete