Urgensi Bahasa Inggris dan Cara Efektif Mengajarkannya | Paradigma Bintang

Urgensi Bahasa Inggris dan Cara Efektif Mengajarkannya

Kondisi dunia yang semakin mengglobalterhubung satu sama lainmenuntut setiap orang untuk dapat berinteraksi secara cepat, tangkas, dan cerdas. Dalam pada itu, menguasai bahasa pergaulan dunia adalah keharusan mutlak yang mesti dilakukan setiap individu dalam memenangkan persaingan hidup masa kini. Di antara penguasaan bahasa yang krusial itu, ada bahasa Inggris yang sangat vital untuk dipelajari dan dikuasai.

Mengapa bahasa Inggris penting? Karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang menjadi pengantar komunikasi sehari-hari masyarakat dunia. Bahasa ini merupakan bahasa paling populer yang jamak dipakai dalam forum-forum resmi internasional seperti dalam sidang majelis umum PBB, bahasa pengantar kuliah di kampus-kampus ternama dunia, bahasa komunikasi siswa-mahasiswa internasional. Selain itu, bahasa Inggris menjelma menjadi bahasa yang paling sering ditemukan dalam misalnya, buku-buku teks, jurnal, informasi suatu produk, transaksi bisnis, aktivitas diplomasi negosiasi, narasi film, dan sebagainya.

Berangkat dari kenyataan ini, maka tak ayal jika kini apa-apa serba Inggris sehingga tidak berlebihan jika kemudian muncul sebuah ungkapan, jika ingin menguasai dunia, kuasailah bahasa Inggris. Dan pertanyaannya sekarang, bagaimana cara efektif menguasai bahasa Inggris dan semenjak kapan idealnya bahasa tersebut mulai diajarkan? Secara lini masa, waktu terbaik untuk mempelajari bahasa adalah saat usia dini alias saat masa-masa usia emas (0─6 tahun). Pada masa ini, otak  manusia sangat mudah diisi, sangat baik dimasuki hal-hal baru yang positif, dan sangat menjanjikan jika sedari awal sengaja diarahkan untuk hal-hal produktif seperti belajar bahasa asing, belajar koding, belajar menalar, belajar keterampilan hidup lainnya.

Lalu, bagaimana cara memulai mengajarkan bahasa asing di usia emas anak? Menurut hemat saya, berdasarkan pengalaman pribadi dan mengamati pola parenting orang-orang sekitar, cara terbaik mengajarkan bahasa asing utamanya bahasa Inggris kepada anak adalah dengan metode fun English. Belajar bahasa haruslah menyenangkan dan menggembirakan, apalagi untuk anak-anak pemula.

Maka, fun English adalah formula jitu mengenalkan anak dengan hal-hal mendasar dari bahasa Inggris itu sendiri. Wujudnya, anak bisa diajak untuk menyanyi, melafalkan alfabet A─Z, number 1─100 dengan riang gembira. Bisa juga dengan mengajak anak menonton film animasi anak berbahasa Inggris, bermain tebak kata dalam bahasa Inggris, dan yang tidak kalah penting sering berinteraksi dengan anak menggunakan frasa dan klausa berbahasa Inggris.

Praktik baiknya, setiap kali pagi menyingsing, anak disapa dengan frasa sederhana: Good morning dear! Saat memasuki siang atau sore hari, anak disapa dengan sebutan, good afternoon! Dan saat malam hari, disapa dengan frasa good evening atau good night! Atau bisa juga mengajak anak mengamati benda-benda yang ada di sekitar atau sekeliling rumah. Misal, ada kucing, orang tua dapat mengenalkan bahasa Inggrisnya kucing kepada anak dengan sebutan, what is this? This is a cat. Ada burung, orang tua dapat mengenalkan bahasa inggrisnya burung dengan menyebut, what is that? That is a bird. Ada bunga, orang tua bisa mengenalkan bahasa Inggrisnya bunga dengan menyebut, it is a flower.

Sebisa mungkin, orang tua aktif melibatkan anak terlibat dialog dengannya guna membiasakan anak berbahasa Inggris. Pancing anak berbahasa Inggris walau hanya sebatas menanyakan kabar, hari dan nama dirinya. Sekadar berdialog what day is today? Today is Sunday. How are you? I am fine. What is your name? My name is Ahmad.  Anak akan biasa karena terbiasa.

Melalui pembiasaan-pembiasaan sederhana seperti ini, secara perlahan bakat dan minat anak terhadap bahasa Inggris mulai tumbuh sehingga menjadi modal berharga bagi orang tua dalam membentuknya lebih menguasai bahasa Inggris di kemudian hari. Ketika sudah memasuki  usia 7─12 tahun, anak sudah mulai matang dan siap mempelajari secara lebih serius bahasa Inggris.

Orang tua dapat lebih aktif anak dalam mengarahkan anak meningkatkan skill bahasa Inggrisnya. Orang tua dapat mengirim anaknya belajar bahasa Inggris ke lembaga kursus bahasa asing tepercaya seperti Cakap Kids Academy, sebuah lembaga kursus yang benar-benar tepercaya dalam mendampingi anak belajar bahasa asing (Inggris dan Mandarin) yang dipersembahkan oleh platform Cakap bagi anak usia 412 tahun menggunakan format pembelajaran online (belajar interaktif secara live dengan guru profesional) dan blended learning (kombinasi kelas offline tematik dan bahasa serta akses ke taman bermain). Selain itu, proses belajarnya menawarkan dua pilihan, yaitu private (belajar 1 on 1 dengan guru favorit anak) dan semi private (belajar bersama 35 siswa).

Adapun keuntungan dari program Cakap Kids Academy adalah: Fun Learning (anak belajar dengan cara yang menggembirakan melalui aktivitas dan fasilitas pembelajaran yang menyenangkan, interaktif dan melibatkan anak); Engaging Material (penyampaian materi pembelajaran dengan menggunakan beragam media dan teknologi); Progress Report (perkembangan belajar anak dipantau di akhir dari setiap sesi kelas); Academic Support (kesuksesan belajar anak akan membantu rencana belajar anak); Graduation and Certificate (ada perayaan kelulusan dan sertifikat setelah menyelesaikan setiap tingkatan pembelajaran).

Adapun kualifikasi para pengajarnya adalah mereka berpengalaman mengajar bahasa Inggris/Mandarin lima tahun lebih lebih, berpendidikan magister atau memiliki kualifikasi mengajar internasional, memmiliki sertifikasi mengajar seperti TESOL, TOEIC, TESL, HSK/HSKK. Untuk kurikulumnya, English for Kids: program pembelajaran berdasarkan CEFR (Common European Framework of Reference for Language) terdiri dari 31 level pembelajaran. 1 level= 3 bulan pembelajaran. 31 level=93 bulan pembelajaran. Dan untuk Mandarin for Kids, program pembelajarannya berdasarkan Youth Chinese Test (YCT), terdiri dari 5 level pembelajaran: 1 level= 3 bulan pembelajaran. 5 level= 15 bulan pembelajaran.

Dan hal terpenting adalah meski sudah mengirim anak belajar ke suatu lembaga kursus untuk belajar khusus bahasa Inggris, orang tua harus tetap memantau perkembangan bahasa Inggris secara pasti.

Wujudnya, orang tua dapat tetap menggunakan metode fun English untuk memantau kemajuan bahasa Inggris anak. Dalam tahap ini, orang tua mesti lebih proaktif dalam mendorong anak menguasai bahasa Inggris. Misalnya, tiada hari tanpa menambah tiga kosa kata baru berbahasa Inggris. Misalnya, satu kata benda (noun), satu kata kerja (verb), satu kata sifat (adjective). Anak-anak diminta menyetor tiga kosa baru setiap harinya dengan orang tua menjadi fasilitator dan teman belajar bagi anak. Selain itu, anak dapat diajak untuk mulai berani merangkai kalimat berdasarkan setoran kosa kata yang telah ia ketahui sebelumnya. Dengan begini, anak kemampuan bahasa Inggris akan semakin terasah. 

Dan ketika memasuki usia remaja-dewasa (13─17 tahun), orang tua dapat lebih atraktif dalam membantu anak menguasai bahasa Inggris. Misal, dalam satu minggu, bikin program di rumah ada tiga hari English day. Jadi dalam tiga hari, seluruh anggota keluarga dalam rumah wajib berbahasa Inggris. Selain itu, orang tua dapat menerapkan metode yang lebih maju lagi dalam mendukung kemajuan bahasa Inggris anak. Misal, dengan menyiapkan koran, majalah, buku berbahasa Inggris di rumah dan mewajibkan setiap anggota keluarga membacanya.

Bisa juga dengan mengadakan family quality time berupa perlunya orang tua dan anggota keluarga meluangkan waktu satu hari dalam seminggu membaca bersama bahan-bahan bacaan berbahasa Inggris yang sebelumnya sudah tersedia. Lebih lanjut, orang tua dapat mengajak anak-anak berdiskusi dalam bahasa Inggris, membuat konten berbahasa Inggris, dan berkarya menggunakan bahasa Inggris. Dengan begini, penulis meyakini, anak dapat terbiasa menggunakan bahasa Inggris sehingga ia tidak kagok lagi ketika harus presentasi, menulis, mengikuti lomba public speaking, dan bertemu dengan orang-orang yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Inilah urgensi bahasa Inggris dan cara efektif mengajarkannya kepada anak.

Lalu, bagaimana cara memulai niat baik mengajarkan bahasa Inggris dan membuat anak  tertarik untuk belajar bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya? Tenang, caranya mudah. Kamu dapat menggunakan kode referral berikut ini.

https://go.cakap.com/referral/kXyvUBghY3ARxegv8

Kamu juga dapat melihat secara lebih detail informasi tentang belajar bahasa asing untuk anak melalui link berikut:

Kursus Bahasa Asing Anak

Dan bagi orang tua, konten-konten berikut sangat menarik untuk dijadikan sebagai referensi dalam mendidik anak khususnya dalam kaitan dengan pembelajaran bahasa Inggris.

Parenting

Dan untuk melihat secara utuh informasi belajar bahasa Inggris untuk anak, kamu dapat membuka link berikut berikut:

Kursus Bahasa Inggris Anak Online

#lombablogcakap


0 Response to "Urgensi Bahasa Inggris dan Cara Efektif Mengajarkannya"

Post a Comment