Mengenal Metahistory: Mengungkap Sejarah Langka | Paradigma Bintang

Mengenal Metahistory: Mengungkap Sejarah Langka

Sinopsis

Di antara yang tampak, ada yang tidak tampak. Di antara yang terlihat, ada yang masih samar. Begitu pula dengan narasi sejarah. Di balik konstruksi sejarah yang diketahui orang banyak, ada bagian-bagian yang belum terpublikasi karena tidak terungkap dalam narasi sejarah arus utama. Padahal sesungguhnya hal tersebut merupakan sesuatu yang bersifat krusial, memiliki nilai historis tinggi, dan patut diketahui masyarakat luas.

Metahistory: Mengungkap Sejarah Langka mengungkap narasi-narasi sejarah yang terpendam. Apakah dua hari setelah keluarnya Supersemar, Presiden Soekarno mengeluarkan Surat Perintah 13 Maret 1966 (Supertasmar) untuk mencabut Supersemar? Siapakah presiden pertama ASEAN Football Federation (AFF)? Apa motif tersirat Uni Soviet mendukung bersatunya Jerman Barat dan Jerman Timur? Negara mana yang pertama kali menggagas pembentukan ASEAN? Dan hal-hal metasejarah lainnya.
Buku ini menguak beberapa peristiwa sejarah yang belum terkuak. Di dalamnya mengupas beberapa peristiwa sejarah langka, mulai dari yang bersifat lokal, nasional, regional, hingga internasional. Semuanya dibahas dengan bahasa yang tajam, proporsional, dan apa adanya. Semoga buku ini bisa membuka mata dan pikiran pembaca tentang sebuah kebenaran.




Baca juga: 



0 Response to "Mengenal Metahistory: Mengungkap Sejarah Langka"

Post a Comment