Melawan Amnesia Sejarah: Thailand, Negeri Hebat Penggagas ASEAN | Paradigma Bintang

Melawan Amnesia Sejarah: Thailand, Negeri Hebat Penggagas ASEAN

Di antara 11 negara anggota ASEAN (Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, Brunei Darussalam, Laos, Myanmar, Kamboja, Timor Lester), barangkali ada satu negara keren yang memiliki peran signifikan bagi pendirian ASEAN. Tanpa inisiatif dan manuver lincahnya, kemungkinan ASEAN tidak pernah kita saksikan akan eksis sebagai organisasi kawasan yang ampuh meredam terjadinya gejolak kawasan dan menciptakan stabilitas regional dengan kerja sama multisektor.

Negara itu adalah Thailand, sebuah negara hebat yang pertama kali menginisiasi pendirian organisasi Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara atau ASEAN dan tidak pernah tercatat sejarah sebagai negara jajahan atau bekas dijajah negara manapun. Jadi, Thailand adalah satu-satunya negara ASEAN yang tidak pernah memiliki pengalaman bagaimana rasanya dijajah. Sebelumnya, negara berjuluk gajah putih ini memiliki nama lain berupa Thai.

Melawan Amnesia Sejarah: Thailand, Negeri Hebat Penggagas ASEAN
Sumber gambar: britannica.ccom

Hal ini karena pada dasarnya Thailand adalah Kerajaan Thailand  dan mayoritas warga Thailand adalah beretnis Thai. Thailand juga dikenal dengan sebutan Siam. Thailand sendiri berarti negeri yang bebas atau merdeka, artinya bebas dari penjajahan mana pun. Negeri ini mayoritas penduduknya memeluk agama Bhudda. Secara historis, nama Siam terakhir kali dipakai tahun 1939 dan setelahnya resmi bernama Thailand. Hal ini sebagai dampak dari Revolusi Siam tahun 1932. Secara geografis, Thailand berbatasan dengan Myanmar di sebelah barat, berbatasan dengan Laos di Utara dan Timur, berbatasan dengan Kamboja di sebelah tengggara dan berbatasan dengan Malaysia di sebelah selatan. Secara umum, Thailand adalah negeri agraris yang subur.

Terlepas dari adanya kekurangan seperti seringnya terjadi kudeta politik oleh pihak militer, gonjang-ganjing pemerintahan akibat mosi tidak percaya parlemen, secara historis, Thailand dengan segala kehebatannya harus diapresiasi dan diakui sebagai role model bagi negara ASEAN lainnya. Negara bersistemkan monarki konstitusional ini memiliki sejarah masa lalu yang sangat memesona. Thailand selain sebagai inisiator pembentukan ASEAN, Thailand juga menunjukkan kehebatannya sebagai negara kuat, kokoh, tangguh karena belum pernah tersentuh praktik kolonialisme-imprealisme negara-negara Barat. Barangkali, karena faktor inilah Thailand percaya diri mengajak Indonesia mendirikan organisasi ASEAN untuk menggantikan organisasi ASA yang dianggap gagal mencegah terjadinya gejolak konflik kawasan pada dekade 1960-an.

Kepercayaan diri Thailand mengirimkan proposal pendirian ASEAN kepada Indonesia rupanya disambut hangat Indonesia dan berlanjut dengan komunikasi intensif bersama otoritas-otoritas negara lain seperti Malaysia, Singapura, dan Filipina. Semuanya mendukung ide Thailand, bahwa pendirian organisasi kawasan baru mutlak diiperlukan demi mewujudkan kerja sama dan stabilitas kawasan ASEAN yang mengikat semua anggotanya. Mereka lalu benar-benar mendeklarasikan lahirnya organisasi kawasan baru tersebut pada 8 Agustus 1967 melalui penandatanganan Deklarasi Bangkok oleh lima negara pendiri ASEAN (Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina) di mana dari kelima negara pendiri, Thailand dicatat sejarah sebagai negara pertama yang menjadi inisiator, kreator, dan pelopor pembentukan ASEAN. Tulisan ini bagian dari upaya melawan lupa pada sejarah masa lalu. Selamat ulang tahun ke-56 untuk ASEAN! 

0 Response to "Melawan Amnesia Sejarah: Thailand, Negeri Hebat Penggagas ASEAN"

Post a Comment