Sejuta Pesona Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024 | Paradigma Bintang

Sejuta Pesona Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024

Di antara capres unggulan yang akan bertarung dalam Pilpres 2024 adalah Ganjar Pranowo. Capres yang resmi diusung PDI-P pada 21 April 2023 tersebut memili tingkat keterpilihan yang relatif tinggi berdasarkan survei beberapa lembaga kredibel. Meski memang elektabilitas Ganjar dalam ukuran survei bukan jaminan ia bisa terpilih dalam pertarungan elektoral mengingat angka swing voter atau pemilih yang belum menentukan pilihannya relatif tinggi──namun, peluang kemenangan Ganjar masih terbuka lebar. Keputusan PDI-P mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres tentu tidak sekoyong-konyong──melainkan sudah melalui pertimbangan, petunjuk Tuhan dan kalkulasi matang yang menyeluruh. Sebagai bahan referensi pilihan pada Pilpres 2024, saya memiliki pandangan khusus terkait Ganjar Pranowo.  Tulisan ini akan mencoba mengulas hal-hal baik dari sosok Ganjar. Berikut sejuta pesona Ganjar Pranowo sebagai capres dalam Pilpres 2024.

Sejuta Pesona Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024
Sumber gambar: kompas.com

Komunikatif dan dekat dengan rakyat, Ganjar merupakan sosok pemimpin yang tidak berjarak, gaya komunikasi dan pendekatannya dengan publik menjadi daya tarik tersendiri bagi Ganjar. Ia bahkan tidak ragu berbaur dengan masyarakat luas dalam kegiatan-kegiatan komunal seperti bersepeda, jogging, senam, dan sebagainya. Ganjar sosok yang memiliki hobi blusukan, ia tak segan turun ke bawah untuk melihat kondisi riil di tengah-tengah masyarakat. Ia juga tidak ragu melakukan tindakan korektif sesegera mungkin jika menemukan sesuatu yang dianggap menyimpang saat berada di lapangan. Sebagai seseorang pejabat publik yang dikenal luas, Ganjar sadar bahwa salah satu cara mengetahui pasti masalah dan aduan masyarakat adalah dengan membuka diri melalui kanal media sosial. Ia jadikan medsos sebagai wadah penerimaan keluh kesah masyarakat yang dipimpinnya. Berbekal Youtube, Instagram, twitter, Facebook Ganjar sukses menjadi pemimpin yang dimiliki rakyat, hal ini karena rakyat bisa dengan leluasa mengetahui agenda kegiatan Ganjar, rakyat juga bisa leluasa menyampaikan unek-unek dan Ganjar mendengar serta segera mencarikan jalan keluarnya.  

Sosok yang bersih, selama dua periode memimpin Jawa Tengah, Ganjar bebas dari isu dan kasus korupsi. Ia sukses memimpin Pemprov Jateng sebagai provinsi yang komitmen memberantas korupsi sehingga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkali-kali menganugerahi Jawa Tengah sebagai provinsi yang antikorupsi. Pada tahun 2020, Jawa Tengah bahkan dinobatkan sebagai juara umum penghargaan antikorupsi KPK karena memborong empat penghargaan sekaligus dalam upaya pengelolaan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) dan pengendalian gratifikasi terbaik. Ganjar juga dikenal bersih dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Ia lebih memilih hidup sederhana dan biasa saja, jauh dari kemewahan dan kebiasaan pamer yang dalam beberapa waktu terakhir sering ditunjukkan oleh beberapa oknum pejabat publik.

Sosok yang berprestasi, Ganjar adalah sosok pemimpin yang cukup berprestasi, beberapa prestasi Ganjar antara lain: Ganjar dianugerahi Baznas Award 2023 sebagai Gubernur Pendukung Utama Pengelolaan Zakat di Indonesia. Selain itu, Ganjar sukses menjadikan Jateng sebagai Provinsi dengan Koordinasi Pengelolaan Zakat Terbaik serta Provinsi dengan Inovasi Pengumpulan Zakat Terbaik. Ganjar merupakan sosok pemimpin pertama yang mempelopori pengumpulan dana zakat dari kalangan ASN se-Provinsi Jawa Tengah dan menjadi inspirasi bagi pemimpin daerah lainnya. Kontribusi zakat dari Pemprov Jateng untuk Badan Amal Zakat Nasional melesat tajam di bawah kepemimpinan Ganjar. Perbandingannya, sebelum Ganjar memimpin, kontribusi zakat dari Baznas Jateng hanya beberapa juta rupiah saja. Namun, setelah Ganjar memimpin Jateng, kontribui zakat dari Baznas Jateng mencapai miliaran rupiah. Hal ini terjadi karena adanya komitmen kepemimpinan Ganjar yang membuat aturan berupa sistem payroll, yaitu sebagian dari gaji ASN Jateng langsung terdebet atau terpotong dan masuk ke rekening Baznas Jateng. Dan kebijakan ini disetujui serta didukung oleh ASN Jateng.

Bahkan, gaji dirinya sebagai gubernur tidak pernah ia ambil, melainkan langsung disumbangkan ke Baznas Jateng. Singkatnya, Ganjar dianugerahi Baznas Award 2023 karena dianggap sukses mengelola zakat untuk kemaslahatan umat. Selain itu, di akhir kepemimpinannya, Ganjar sukses membawa Pemprov Jateng sebagai pemprov berkinerja terbaik sehingga mendapat penghargaan dari Mendagri RI Tito Karnavian. Sebagai bahan informasi, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), berkat sentuhan tangan dingin Ganjar, angka kemiskinan esktrem Jawa Tengah berhasil diturunkan dari 13,58 persen di tahun 2013 menjadi 10,93 persen di tahun 2022 alias turun 3,51 persen selama 9 tahun Ganjar memimpin. Jateng di bawah kepemimpinan Ganjar juga menjadi pemprov yang sukses mendirikan mall pelayanan publik terbanyak se-Indonesia. Berdasarkan data, Jateng hingga Februari 2023 sudah memiliki 28 mall pelayanan publik, terbanyak di Indonesia.

Sosok ideologis, Ganjar adalah sosok kader PDI-P yang sangat ideologis, memegang teguh garis ideologi partai dan ideologi negara yang dicintainya. Ia rela dicaci demi membela ideologi yang ia yakini. Masih ingat saat Ganjar menolak tegas kehadiran timnas Israel dalam Piala Dunia U-20 2023 yang kemudian berujung pada pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah pelaksanaan Piala Dunia U20 2023? Ganjar menolak timnas Israel karena ia konsisten memperjuangkan ideologi yang ada dalam Pancasila tentang nilai-nilai kemanusiaan serta sejalan dengan amanat konstitusi yang mengutuk keras segala bentuk penjajahan di muka bumi di mana Israel adalah pelakunya. Siapa pun sepakat bahwa Israel adalah penjahat kemanusiaan, penjajah bangsa Palestina yang sampai saat ini hidup sengsara karena berada dalam penindasan dan penjajahan Israel. Ganjar komitmen dengan ideologi yang ia yakini kebenarannya. Ia siap memperjuangkan nilai-nilai ideologi yang ia anut apa pun risiko yang akan ditimbulkan setelahnya. 

Sosok pekerja dan eksekutor yang tangguh, sulit menyangkal fakta bahwa Ganjar adalah sosok pekerja keras dan eksekutor yang keren. Ganjar lugas dalam hal komunikasi politik sekaligus tangguh dalam mengeksekusi program-program kerja melayani rakyat. Jadi, antara ucapan dan tindakan bisa dibilang imbang, apa yang diucapkan ia lalu wujudkan dalam kerja nyata yang dapat dinikmati oleh masyarakat yang dipimpinnya. Ganjar juga tahu mana pekerjaan prioritas yang urgen serta perlu segera dieksekusi dalam upaya menunjang hajat hidup rakyat banyak. Tidak peduli apakah siang atau malam, hujan atau tidak hujan, Ganjar tidak gengsi memantau langsung kinerja anak buahnya di lapangan untuk memastikan bahwa kerja-kerja pemerintahannya serius dikerjakan dan tidak dikorupsi.

Jauh dari politik identitas, sebagai seorang aktivis dan nasionalis sejati, Ganjar Pranowo sepanjang terjun di dunia politik nasional tidak pernah memainkan politik identitas yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Ia tidak pernah tertarik untuk menggunakan perbedaan identitas agama, pilihan politik, suku, dan golongan untuk menyerang lawan politiknya. Ganjar bahkan selalu berseru kepada pendukungnya untuk tidak menyakiti siapa pun anak bangsa yang berbeda pilihan politik. Ganjar selalu menekankan pentingnya persatuan Indonesia sebagaimana yang diamanatkan oleh Bung Karno, Presiden pertama Indonesia.

Inilah sejuta pesona Ganjar Pranowo sebagai capres tahun 2024. Jadi, hemat saya, tidak benar, jika ada yang menyebut Ganjar Pranowo tidak memiliki prestasi kerja apa-apa sehingga tidak pantas diusung menjadi capres. Faktanya, PDI-P mendaulat Ganjar Pranowo sebagai capres pilihan yang akan mereka dukung karena partai pimpinan Megawati tersebut mengakui sepak terjang dan prestasi Ganjar selama dua periode memimpin Jawa Tengah. Pesona prestasi Ganjar di atas layak dipertimbangkan oleh calon pemilih dalam menentukan capres pilihan di Pilpres 2024. Selebihnya silakan lakukan refleksi dan penilaian secara mandiri.

0 Response to "Sejuta Pesona Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024"

Post a Comment