Elektabilitas Ganjar Meningkat dan Akan Semakin Memuncak jika … | Paradigma Bintang

Elektabilitas Ganjar Meningkat dan Akan Semakin Memuncak jika …

Persaingan tiga kandidat bakal capres 2024 (Ganjar, Prabowo, Anies) kian menunjukkan keseruannya. Terbaru, berdasarkan survei tingkat keterpilihan tokoh capres 2024 yang dirilis oleh lembaga riset Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada 12 Mei 2023, didapat fakta menarik bahwa elektabilitas Ganjar Pranowo, capres yang telah resmi diusung oleh PDI-P pada 21 Mei 2023 lalu memuncaki peringkat teratas tokoh bakal capres pilihan responden dengan tingkat elektabilitas 39,2 persen disusul Prabowo Subianto dengan tingkat elektabilitas 32,1 persen dan Anies Baswedan dengan angka elektabilitas 19,7 persen.

Elektabilitas Ganjar Meningkat dan Akan Terus Memuncak jika …
Sumber gambar: kompas.com

Survei yang diadakan oleh SMRC dari 30 April7 Mei 2023 tersebut menegaskan bahwa peta persaingan elektoral antara tiga besar tokoh yang akan maju dalam Pilpres 2024 semakin dinamis. Jika pada survei periode April 2023, elektabilitas Ganjar (27,5 persen) dan Prabowo (28,8 persen) berbeda tipis hanya di kisaran 1 persen berdasarkan hasil survei Poltracking kini setelah resmi diperkenalkan sebagai capres dari PDI-P dan mulai melakukan konsolidasi politik dengan para relawan dan pendukung elektabilitas Ganjar meningkat signifikan. Namun demikian, ini belum final, masih ada beberapa bulan ke depan yang harus dimaksimalkan Ganjar bersama tim sebelum hari- H pencoblosan dimulai.

Satu hal yang perlu disadari Ganjar bersama timnya adalah Ganjar belum menyampaikan gagasan politik tentang apa visi misinya jika kelak terpilih menjadi presiden menggantikan Presiden Jokowi. Yang sudah jamak diketahui publik hanya niat baik Ganjar untuk melanjutkan program-program Jokowi. Selebihnya, Ganjar banyak berpesan kepada pendukungnya untuk tidak melakukan politik identitas, menyebarkan hoaks, fitnah dan hal lain yang merusak persatuan bangsa.

Jika dengan kondisi sekarang, Ganjar belum mengeluarkan jurus pamungkas saja elektabilitasnya kembali melejit padahal sempat turun akibat sikap Ganjar menolak kehadiran timnas Israel dalam ajang Piala Dunia U20 2023 di Indonesia, bagaimana jika pelan tapi pasti Ganjar berani menyampaikan satu saja program kerja unggulannya jika kelak menjadi presiden?

Sebatas saran dan masukan, ada baiknya jika Ganjar dalam acara konsolidasi dan kumpul besar bersama relawan, simpatisan serta pendukungnya menyampaikan gagasan politik dan program kerjanya. Jadi, tidak sebatas normatif mengimbau massa untuk menjauhi polarisasi, politik fitnah dan sebagainya. Meski masa kampanye belum resmi dimulai, tidak ada salahnya tebas pesona program kerja sebagai pemanasan mesin politik. Anies Baswedan saja mulai terang-terangan menyampaikan program dan gagasan politiknya jika ia terpilih menjadi presiden.

Ganjar Pranowo mestinya jauh lebih bisa dari Anies Baswedan. Buktikan omongan Immanuel Ebenezer, ketua relawan Jokowi Mania, mantan pendiri relawan Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) yang menuding Ganjar tidak punya gagasan salah dan keliru karena pada hakikatnya Ganjar Pranowo adalah sosok pemimpin visioner dengan segudang gagasan dan idealisme. Semoga!

0 Response to "Elektabilitas Ganjar Meningkat dan Akan Semakin Memuncak jika …"

Post a Comment