SDM Unggul, Indonesia Maju | Paradigma Bintang

SDM Unggul, Indonesia Maju

SDM Unggul, Indonesia Maju

Ada yang berbeda dari tema Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-74 yang jatuh pada tahun 2019 ini. Pemerintah mengusung tema "SDM Unggul, Indonesia Maju". Menurut saya tema ini sangat spesial, sangat kontras dengan tema HUT RI di tahun-tahun sebelumnya yang berkisar soal kerja, kerja, dan kerja. Seperti janjinya saat masa-masa kampanye berlangsung, Presiden terpilih Joko Widodo berjanji akan memfokuskan program pemerintahannya pada pembangunan manusia  jika berhasil terpilih dalam Pemilu Presiden 2019. Dan benar saja pada Pemilu serentak tahun 2019 Jokowi kembali terpilih untuk memimpin Indonesia lima tahun mendatang (2019-2024). Komitmen itu rupanya mulai dieksekusi tahun 2019 ini juga.

Melalui momentum peringatan HUT RI ke-74 yang mengusung tema "SDM Unggul, Indonesia Maju" Jokowi benar-benar ingin tancap gas memenuhi janji politiknya yang akan membangun Sumber Daya Manusia (SDM) setelah pada lima tahun terakhir fokus pada pembangunan infrastuktur fisik. Menurut saya, membangun manusia Indoesia tentu harus dimulai dari pembangunan kualitas pendidikan yang merata, pemenuhan layanan akses kesehatan yang berkelas, dan terpenuhinya akses masyarakat mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak. Janji Presiden Jokowi terkait tiga kartu sakti tambahan (Kartu Indonesia Pintar Kuliah, Kartu Pra Kerja, dan Kartu Sembako Murah) saat masa-masa kampanye kita harapkan benar-benar diwujudkan secara konkret dalam menopang tujuan membangun SDM Indonesia yang unggul untuk Indonesia yang maju.

Kita patut berharap dengan visi presiden terpilih, lima tahun mendatang  jumlah orang-orang terdidik meningkat drastis, kesenjangan mutu guru menurun tajam, angka stunting menurun, jumlah pengangguran semakin mengecil, angka kemiskinan yang saat ini da di angka 9 persen bisa semakin turun dan berada di angka 5 persen. Inilah harapan kita harapan bersama di tahun jadi Indonesia ke-74. Dirgahayu Republik Indonesia!

0 Response to "SDM Unggul, Indonesia Maju"

Post a Comment