Mengenal Program PMMD Kemenpora | Paradigma Bintang

Mengenal Program PMMD Kemenpora

Kemenpora sebagai kementerian yang mengurusi masalah kepemudaan saat ini memiliki program kepemudaan bernama Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD). Sebuah program unggulan Kemenpora guna mewujudkan amanat revolusi mental bagi kalangan pemuda untuk menciptakan kemandirian ekonomi dan daya saing bangsa dengan pemuda sebagai motor penggeraknya. Uniknya, para pemuda diharapkan mampu menggarap potensi perdesaan sebagai basis kemandirian.
 PMMD Kemenpora

Sejatinya PMMD adalah program penyempurna dari program sebelumnya yang bernama Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Perdesaan (PSP3) yang telah ada semenjak tahun 1989. PSP3 sendiri berakhir pada tahun anggaran 2016 di angkatan ke XXV. Senafas dengan PMMD, program PSP3 berorientasi kepada pelayanan kepemudaan dibidang pengembangan potensi kemandirian ekonomi dimana  para pemuda sarjana diyakini merupakan agen potensial yang memiliki peran penting sebagai penggerak/pelopor dalam mengakselerasi proses pembangunan bangsa terutama pembangunan kawasan perdesaan.  
Bersama Pemuda Mandiri, para pemuda kampung diberdayakan untuk ikut menjadi mandiri dengan mengoptimalkan potensi berbasis perdesaan

Dan mulai tahun 2017, PMMD Kemenpora dibentuk untuk mengembangkan potensi intelektual dan keterampilan pemuda yang dipadukan dengan semangat membangun Indonesia dari pinggiran (desa) sebagaimana tercantum dalam Nawacita pemerintahan Jokowi-JK. Hal ini sejalan dengan konsep Desa Mandiri yang bertujuan mengembangkan keberdayaan dan pembangunan masyarakat desa di bidang ekonomi, sosial dan kebudayaan, yang kemudian dikenal dengan istilah lumbung desa yang diharapkan dapat mendorong usaha ekonomi dalam makna luas, dengan menciptakan akses produksi, distribusi dan pasar.
Target dari program PMMD itu sendiri adalah mengembangkan potensi, kapasitas, dan keterampilan yang dimiliki pemuda dengan terjun di tengah-tengah masyarakat perdesaan. Dengan begitu para pemuda peserta PMMD diharapkan dapat memberi kontribusi nyata dalam rangka mempercepat pembangunan perdesaan melalui partisipasi pemuda yang dapat semakin memperkuat sistem di bidang ekonomi, sosial dan budaya.
Inilah produk kemandirian pemuda

Sederhananya, program PMMD mempunyai visi misi terukur, yaitu membangun kemandirian pemuda desa yang dinilai dari hasil karya nyata pemuda, suatu produktivitas pemuda berbasis perdesaan yang mencirikan bahwa desa berdaya, mampu memenuhi kebutuhannya sehingga dapat menjadi desa kuat dan maju. Partisipasi aktif pemuda dalam aktivitas penggerakan, pendampingan desa, dan kemandirian diri adalah cara ampuh membangun potensi desa. Karenanya, akan terbentuk pola pikir pemuda yang tidak akan lagi bergantung pada lapangan pekerjaan yang disiapkan oleh orang lain atau pemerintah sebagai dampak nyata para pemuda peserta PMMD bersama pemuda desa binaan PMMD telah mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi dirinya dan orang lain.
Implementasi program PMMD secara praktek berkomitmen ingin mewujudkan pemuda Indonesia yang mandiri dan berdaya saing serta mampu mendorong percepatan pembangunan di perdesaan. Percepatan pembangunan perdesaan diharapkan dapat terwujud melalui peran kepeloporan pemuda dalam berbagai aktivitas program PMMD yang mengikutsertakan masyarakat terutama anak-anak muda desa. Aktivitas tersebut secara langsung nantinya diharapkan bisa berpengaruh terhadap terciptanya kehidupan masyarakat desa yang dinamis, berkembangnya potensi sumber daya kepemudaan dan sekaligus naiknya taraf kesejahteraan masyarakat perdesaan.
Meknisme perekrutan peserta PMMD adalah peserta direkrut dan ditugaskan di provinsi asal peserta. Dengan begitu, peserta PMMD bisa lebih cepat beradaptasi dan segera melakukan aktivitas pembangunan kemandirian bersama para pemuda desa. Singkatnya berikut adalah cetak biru (blue print) tujuan utama PMMD:
1. Merubah cara berpikir (paradigma), sikap perilaku pemuda Indonesia bahwa kesuksesan itu sangat sederhana dan dekat sekali. Kesuksesan bisa dimulai dari desa
2.  Memberi kesempatan bagi pemuda peserta PMD di provinsi asal melakukan percepatan pengenalan potensi diri dan kearifan lokal guna mengembangkan seluruh potensi desa
3.    Bersama sama pemuda desa membangun Indonesia dari pinggiran serta bersama mereka mampu bersaing menghadapi persaingan bebas di tingkat Masyarakat Ekonomi ASEAN 
Sumber.http://www.asdepkkp.org/PMMD/Home/Page

Baca juga Hasil Akhir Seleksi PMMD 2017
Baca juga Info Pendaftaran PMMD-PMP 2017
Baca juga Mengintip Jalannya Seleksi PMMD Jatim 2017 
Baca juga Jadwal Seleksi PMMD 2017

 

0 Response to "Mengenal Program PMMD Kemenpora"

Post a comment