Langkah Mudah Menjadi Penulis Pemula | Paradigma Bintang

Langkah Mudah Menjadi Penulis Pemula

Suatu hari seorang kawan SMS saya perihal keinginan untuk menerbitkan karyanya. Dia tanya bagaimana langkah saya dahulu menerbitkan buku. Saya sampaikan bahwa menerbitkan buku  zaman sekarang banyak jalannya. Sedikitnya ada dua cara menerbitkan buku, yaitu : konvensional dan non konvesional. Cara konvensional yaitu penulis menawarkan karyanya kepada penerbit untuk diterbitkan, penulis tinggal menunggu jawaban diterima atau ditolak. Kalau diterima nanti akan diatur mekanisme perjanjian antara penulis-penerbit terkait royalti, hak penulis, apakah bagi hasil atau bagaimana. Biasanya penulis mendapat 10 persen dari profit penjualan atau penerbit membayar di awal baik berupa uang tunai langsung maupun berbentuk buku itu sendiri. 

Mekanismenya bergantung pada kebijakan masing-masing penerbit. Penulis yang memakai cara ini harus menyiapkan mental, jika kemungkinan terburuk penerbit menolak karya yang dikirimkan. Namun jika itu yang terjadi, jangan berkecil hati masih ada banyak jalan menuju impian. Gunakankah penerbit-penerbit indie yang sekarang banyak bermunculan dan siap membantu menerbitkan serta memasarkan karya terbaik anda.

Sekedar cerita, tempo hari saat saya menunggu ketidakpastian jawaban dari penerbit konvensional saya berdayakan penerbit indie untuk memperkenalkan karya saya. Saat itu saya manfaatkan penerbit nulisbuku.com untuk mewujudkan hasrat tersebut. Situs ini menjamin karya penulis terbit, caranya cukup buat akun, isi kolom-kolomnya, download template naskah, setelah itu submit cover depan belakang, cover depan, sinopsis buku, 3-5 halaman awal sebagai tester bagi pembaca, dan tentukan sendiri harga jual buku anda. Nah, saat menentukan harga jual buku di sana sudah ada pengaturan tentang berapa jumlah halaman, kategori bukunya apa (politik, pendidikan, novel, puisi, dsg), mau dicetak berwarna atau tidak, jenis kertas yang mau dipilih apa (HVS, atau bukan), juga besaran profit yang akan penulis dapatkan dari setiap penjualan buku. 

Sukses Menjadi Penulis Pemula

Untuk memasarkan dan menayangkan buku anda di website penerbit nulisbuku.com anda berkewajiban membeli minimal satu buku karya anda sendiri, ini bertujuan agar anda bisa proofread/review kualitas buku mulai dari kover, substansi naskah dll. Biasanya pesanan anda sampai maksimal dua minggu ke alamat rumah anda. Jika ada yang kurang berkenan anda bisa revisi sepuas anda sampai anda benar-benar merasa mantap untuk mempublish buku anda dengan mengirim email ke admin nulisbuku.com bahwa anda sudah yakin dengan karya anda. Dengan begitu admin segera menayangkan dan memasarkannya. Saatnya anda juga ikut promosi buku anda. 

Di nulisbuku.com, anda sendiri yang menentukan cover buku dan layout buku anda bisa dengan membuat sendiri atau memberdayakan orang yang bisa desain grafis, standar ukuran buku: ukuran novel (13x19cm), ukuran Smaller Novel (11x17cm), ukuran Photobook (20x20cm) atau ukuran terserah penulis dengan batasan maksimal 15x21 cm. Sekedar catatan, ini tanpa ISBN, artinya jikar anda ingin buku anda memiliki ISBN itu artinya anda harus membayar biaya tambahan. Sebagai informasi, di nulisbuku.com segala jasa layanan ada, mulai dari layanan ISBN, layout, pembuatan cover buku dan layanan pemasaran ekstra. Semuanya berbayar. Jika anda menghendaki tinggal menghubungi admin saja.  



Selain nulisbuku.com, dewasa ini juga ada penerbit indie bernama bukupedia.com. Penerbit ini hampir sama dengan nulisbuku.com, penulis harus punya akun, mengisi kolom-kolom akun dsg, yang membedakan adalah  bukupedia.com memiliki dua tawaran bagi penulis apakah bukunya diterbitkan secara e-book saja atau juga cetakan konvensional. Penulis bisa memilih satu di antara keduanya, atau memilih dua-duanya, tergantung selera anda. Selain itu, ketika anda bermaksud untuk menerbitkan di bukupedia, anda harus upload naskah untuk direview oleh editor. Jika editor sudah OK, anda akan dihubungi dan segera buku anda akan dibuatkan cover dan ISBN secara gratis. Sebagai tambahan, jika anda ingin buku anda dijual secara cetak dan e-book oleh bukupedia, anda wajib membeli minimal 20 buku dengan tujuan anda bisa promo buku anda secara langsung bisa melalui launching atau bedah buku. 

Kedua jenis penerbit di atas dalam realitasnya cukup ampuh dalam mewujudkan mimpi seorang menjadi penulis. Sekedar berbagi, kemarin ketika saya sedang asyik promo karya dengan menggunakan website penerbit indie di luar dugaan ada penerbit konvensional asal Yogyakarta yang menelpon saya mengabarkan ketertarikannya untuk menerbitkan karya perdana saya. Saya jawab silahkan saja, sejurus kemudian buku pertama saya terbit dan pernah dipasarkan di gramedia. Mungkin ini adalah buah dari sekian banyak penolakan yang ada. Bahwa di balik penolakan ada saja penerimaan. Sejujurnya, sudah tidak terhitung berapa penerbit yang menolak karya pertama saya. Pada ujungnya ada dua penerbit di Yogya yang berminat menerbitkan. Dari dua penerbit, saya memilih satu, akhir yang manis.

Jika anda berhasrat ingin menjadi penulis, media-media sebagaimana tertuang di atas bisa anda gunakan sebagai pertimbangan dan acuan. Ayo jangan takut menjadi penulis, semua kita memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi inspirator dengan karya-karya terbaik. Take action sekarang juga!

3 Responses to "Langkah Mudah Menjadi Penulis Pemula"

  1. kerenn, bikin naskah di nulisbuku.com jadi lebih mudah.
    aku juga sama suka banget nulis, ga da salahnya di coba hehe
    makasih infonya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp,, sy dukung gan..ayo berani jadi penulis...

      Delete
  2. yang saya cari-cari dari dulu
    makasih kang

    ReplyDelete