Mengenal Hari Olahraga Nasional | Paradigma Bintang

Mengenal Hari Olahraga Nasional

Di antara hari-hari penting nasional, ada yang namanya Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang diperingati pada tanggal 9 September setiap tahunnya. Penetapan 9 September sebagai Haornas diawali dengan diadakannya Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama yang berlangsung mulai 9-12 September 1948 di Surakarta. Tanggal awal dimulainya PON inilah yang kemudian menjadi dasar ditetapkannya 9 September sebagai Haornas. 

Mengenal Haornas
Dengan begitu, Haornas tahun ini memasuki yang ke-68, sementara untuk PON yang akan digelar mulai 17-29 September 2016 di Jawa Barat memasuki pagelaran yang ke-XIX. Sekedar info, dahulu juara umum PON pada PON ke-1 diraih Kota Solo/Surakarta. Pesertanya bukan antar provinsi, melainkan antar Kota/Karesidenan. Pada PON pertama, ada 13 kontingen dengan 600 atlet yang berasal dari Surakarta, Yogyakarta, Bandung, Madiun, Magelang, Malang, Semarang, Pati, Jakarta, Kediri, Kedu, dan Surabaya. 

Cabang olahraga yang dilombakan pada waktu itu terbatas, hanya ada 9 cabor, antara lain: Atletik, lempar cakram, bulu tangkis, sepak bola, tennis, renang, pencak silat, panahan, dan bola basket. Total medali yang diperebutkan dengan sistem emas, medali, perak berjumlah 108 medali. Acara PON perdana ini dibuka dan diresmikan oleh Presiden Soekarno serta ditutup oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX sebagai Ketua Komite Olimpiade Republik Indonesia (KORI) dengan Solo sebagai juaranya dengan total raihan medali 36.

Kini di PON ke XIX yang akan digelar di Jabar, siapakah juaranya? Mari kita tunggu saja, layak dinantikan. Untuk diketahui, PON XIX Jabar 2016 ini akan melombakan 44 cabang olahraga, 10 cabang olahraga eksebisi dengan total nomor pertandingan: 365 pertandingan putra, 302 pertandingan putri, 33 pertandingan campuran dan 50 pertandingan terbuka di 61 Venue yang tersebar di 15 Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Sekitar 8403 atlet di luar atlet tuan rumah akan memperebutkan 755 medali emas, 755 medali perak, 962 medali perunggu dan akan dipimpin oleh sekitar 2195 wasit sebagai penengah. Anda penasaran? Tunggu tanggal mainnya! Bersiaplah menyambut juara-juara sejati! Saatnya olahraga nasional Indonesia bangkit dan maju!

Sumber: dikembangkan dari https://id.wikipedia.org/wiki/Pekan_Olahraga_Nasional_I, dan http://www.pon-peparnas2016jabar.go.id/profil/section/pon_xix_jabar

15 Responses to "Mengenal Hari Olahraga Nasional"

  1. Hidup atlet-atlet muda Indonesia!

    ReplyDelete
  2. semoga indonesia bisa terus berprestasi di cabang olahraga :)

    ReplyDelete
  3. Semoga olahrag indonesia semakin bagus kedepannya

    ReplyDelete
  4. Moga negara ini lebih baik di bidang olahraga, dan semoga e-sport juga. hehe

    ReplyDelete
  5. PON ada ditayangin scr live di stasiun TV Indonesia nggak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaAllah nanti ditayangin..kalo di TVRI uda pasti..di channel TV swasta? lihat sj nanti..

      Delete
  6. Indonenesia kalau olahraga bermacam2 tapi hanya bulu tangkis yg menjadi ajang kemenangan bagi indonesia

    ReplyDelete
  7. majulah atlit atlit indonesia !

    ReplyDelete
  8. wah, ane jadi tau nih mengenal hari olahraga nasional, nice info gan.

    ReplyDelete
  9. Wah indonesia ternyata punya atlet yang terbaik juga ya gan.

    ReplyDelete