Wujudkan Trisakti, Jokowi Gelar Kontes Domba Garut | Paradigma Bintang

Wujudkan Trisakti, Jokowi Gelar Kontes Domba Garut

Sebagai orang yang pernah hidup di Garut selama dua tahun lamanya, saya tahu pasti kontes domba Garut sudah biasa digelar. Kontes domba Garut biasanya digelar di akhir pekan, biasanya bertempat di Desa Rancabango, Tarogong  Kaler, Garut, kawasan Wisata Domba. Namun, menjadi tidak biasa ketika kontes domba Garut digelar di Istana Negara Bogor dan Kebon Raya Bogor dengan presiden sebagai inisiatornya.  Saya cukup terkejut ketika membaca berita online (kompas.com) bahwa Sabtu (27/08/16) presiden akan mengadakan acara kontes domba Garut di kompleks Istana Bogor.  

Serunya Kontes Domba GarutSekedar cerita, pengalaman saya menonton kontes Domba Garut rasanya cukup menyenangkan, saya jadi tahu kearifan lokal Garut yang tentunya berbeda dengan yang dimiliki oleh daerah-daerah lain termasuk daerah asal saya. Kontes serupa bisa ditemui di Madura, namun namanya beda. Di Madura kontes binatang ternak terkenal dengan sebutan “Kerapan Sapi”. Yang diadu adalah kecepatan (speed) sapi. Berbeda dengan kerapai sapi, kontes domba Garut bisa dibilang unik, dikatakan demikian karena selain wujud rupa domba Garut yang memang unik, khas, berkarakter, dan menghibur, dalam kontes domba yang menjadi penilaian adalah adu tanduk serta kekuatan antar dua domba yang sedang berlaga.
  
Sistemnya, ada dua domba yang ditarungkan, keduanya diberi waktu untuk persiapan sebelum kontes, juga tempat dan posisi masuk arena kontes guna memulai serangan. Di tengah arena, ada wasit yang menjadi penengah. Jadi, masing-masing domba yang berkontes dinilai berdasarkan berapa pukulan dan serangan yang masuk, durasinya bergantung dari kondisi domba. Jika wasit menilai domba yang menjadi lawan sudah dinilai kalah dan kondisinya harus diistirahatkan, maka suatu laga sudah selesai. Dan kontes dilanjutkan dengan peserta selanjutnya. Begitu pula seterusnya. 

Dalam pantauan pernah menyaksikan kontes domba Garut, saya melihat acara ini bisa dibilang berhasil mendatangkan dua sisi manfaat (ekonomi-budaya) yang cukup luar biasa. Dari sisi ekonomi, adanya kontes domba Garut bisa menghidupkan usaha kecil warga masyarakat sekitar. Hal ini karena penonton yang datang menyaksikan bisa dibilang tidak sedikit, berbagai produk UKM baik kuliner dan kerajinan bisa dijumpai di sekitar arena kontes. Pun demikian dengan aspek budaya, dengan adanya festival domba, citra besar domba Garut yang sudah lama menjadi icon besar Kabupaten Garut semakin membumi. Untuk diketahui, domba Garut dengan segala keunikannya asal mulanya memang dari Garut. Bahkan ada yang meyakini, domba Garut hanya bisa hidup di Garut. Karena itu, tidak mengejutkan jika domba fenomenal ini diberi nama Domba Garut, suatu kebanggaan tersendiri. Trademark domba Garut saat ini tidak saja dimiliki Garut, namun juga Jawa Barat, dan Indonesia. 

Kontes domba Garut yang digagas Presiden Jokowi dan dilaksanakan di Istana Bogor serta Kebon Raya Bogor ini menegaskan bahwa sebagai negara yang kaya akan budaya, sudah saatmya Indonesia menjadikannya sebagai suatu kebanggaan budaya yang membangun dan komoditas ekonomi kerakyatan yang membangkitkan kemampuan Berdikari bangsa. Menurut data yang ada, animo masyarakat begitu membludak dalam menyambut undangan presiden mengikuti kontes domba Garut yang untuk pertama kalinya digelar di Istana Bogor. Tercatat ada 740 peserta yang siap meramaikan kontes domba Garut, peserta ada yang berasal dari Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, dan Jawa Barat sendiri. Selain kontes domba Garut, juga digelar kontes kambing perah dan domba catwalk. Ada empat kategori yang dilombakan, yaitu: Raja Pedaging, Raja Petet, Raja Kasep, dan Ratu Bibit.


Semua pemenang nantinya akan mendapatkan piala presiden. Inilah wujud nyata Trisakti yang menghendaki anak bangsa menjadi pribadi berdikari dan berkepribadian secara sosial budaya. Anda penasaran? Datang dan saksikan langsung kontes domba Garut di Istana Bogor, dibuka mulai pukul 08.00-14.00 WIB atau tonton video dokumenter saya berikut ini!

8 Responses to "Wujudkan Trisakti, Jokowi Gelar Kontes Domba Garut"

  1. patut dikasih jempol nice gan

    ReplyDelete
  2. hebat ya bapak jokowi, Klau saya dekat aja pasti saya nonton, tapi jgn daerah garut aja semoga daerah2 lain bisa termotivasi juga.

    ReplyDelete
  3. wah keren, baru kali ini ada ya hehehe

    ReplyDelete
  4. Hebat Presiden kita, majuin pariwisata di daerah2

    ReplyDelete
  5. yang seperti ini patut diapresiasi gan

    ReplyDelete