Meraih WTP, Gubernur Sultra Malah Tersangka Korupsi | Paradigma Bintang

Meraih WTP, Gubernur Sultra Malah Tersangka Korupsi

Berita korupsi tidak henti-hentinya mengalir, Selasa (23/08/16) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara resmi menetapkan Gubernur Sulawesi Tenggara bernama Nur Alam sebagai tersangka korupsi. Ia diduga kuat terlibat dalam penyalahgunaan wewenang setelah memberikan izin pertambangan nikel di dua kabupaten Sulawesi Tenggara selama kurun waktu 2009-2014. 

KPK berani menetapkan Nur Alam setelah ada dua bukti permulaan yg cukup untuk menjerat yang bersangkutan sebagai tersangka. Nur Alam diduga telah memperkaya diri sendiri, orang lain, dan korporasi. Tuduhan penyalahgunaan wewenang Nur Alam dapat dibuktikan dengan penerbitan SK Persetujuan Pencadangan Wilayah Pertambangan dan Persetujuan Izin Usaha Pertambangan (IUP) Eksplorasi.

Lebih lanjut, penerbitan SK Persetujuan Peningkatan Izin Usaha Pertambangan Eksplorasi menjadi Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi ini diberikan kepada PT Anugrah Harisma Barakah (AHB), selaku perusahaan yang melakukan penambangan nikel di Kabupaten Buton dan Bombana, Sulawesi Tenggara.

Menurut Wakil Ketua KPK, Laode Syarif, SK yang diterbitkan Nur Alam tidak sesuai  dengan aturan yang berlaku, dan pastinya ada sesuatu yang diterima Gubernur berstatus tersangka tersebut. Menurut kabar yang ada, sebanyak Rp 45 miliar dikantongi sang gubernur dari SK yang ia terbitkan. Akibat kasus ini, Nur Alam dijerat dengan Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah menjadi UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1.

Fakta bahwa Gubernur Nur Alam telah ditetapkan sebagai tersangka sesungguhnya cukup ironis, mengingat selama tiga tahun bertutur-turut Provinsi Sulawesi Tenggara mendapat penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. 

Aneh, beginilah realitas yang terjadi, Nur Alam telah menambah deretan panjang daftar pejabat yang harus berurusan dengan hukum. Mentalitas pejabat Indonesia benar-benar rawan masuk angin. Sudah begitu banyak pejabat yang harus dihukum dan mendekam di jeruji besi gara-gara korupsi. Duit memang selalu membutakan, duit itu licin, enak dan akan membuat orang yang terlena akan tipu dayanya selalu merasa ketagihan. Pengen lagi, dan lagi. Begitulah brengseknya duit.

6 Responses to "Meraih WTP, Gubernur Sultra Malah Tersangka Korupsi"

  1. Wow Indonesia Emang Sukanya Korupsi :3

    ReplyDelete
  2. Brentas Korupsi makanya, makin marak aja Koruspi di Indonesia

    ReplyDelete
  3. lhaa dpet prestasi malah korupsi :3

    ReplyDelete
  4. Korupsi emank sangat merajalela di negeri ini bung

    ReplyDelete
  5. haha ada ada aja di indonesia ini, udah dapet penghargaan malah korupsi -,-

    ReplyDelete