Ihwal Indonesia Kerja Nyata | Paradigma Bintang

Ihwal Indonesia Kerja Nyata

Hari ini, Rabu (17/8/16) Indonesia merayakan ulang tahun ke-71. Ada yang tidak biasa dari tema acara Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Indonesia selama dua tahun terakhir. Semenjak Presiden Joko Widodo memimpin Indonesia, tema kenegaraan dan pemerintahan dibuatnya berbeda dibandingkan dengan rezim sebelumnya yang biasanya normatif. Tahun lalu HUT kemerdekaan RI yang ke-70 diberi tagline "Ayo Kerja". Tahun ini temanya juga hampir mirip dengan sedikit penambahan dan penegasan, HUT kemerdekaan RI ke-71 yang jatuh pada hari Rabu sekarang bertemakan "Indonesia Kerja Nyata". Suatu pesan nyata betapa Indonesia akan dibawa menjadi bangsa produktif.

Tentang Indonesia Kerja Nyata
Presiden Jokowi yang berlatarbelakang sebagai pengusaha seolah ingin menegaskan bahwa hanya dengan  kerja keras yang sungguh-sungguh Indonesia bisa maju dan mengejar ketertinggalan dari bangsa-bangsa lain. Hal ini bisa juga dilihat dari kabinet pemerintahan pimpinan presiden langsung yang diberi nama "Kabinet Kerja". Nama yang simpel, minimalis, dan penuh makna. Lantas bagaimana dengan pemilihan redaksi "Indonesia Kerja Nyata"? Apa makna tersirat dari pemilihan redaksi tersebut sebagai tema HUT RI ke-71?

Kalau kita jeli dan cermat, pastilah kita akan memahami bahwa makna penting dari tema "Indonesia Kerja Nyata" tidak ada lain kecuali ingin membangkitkan spirit anak-anak bangsa bahwa dalam mengadapi persaingan hidup di antara bangsa-bangsa dunia kerja nyata mutlak diperlukan Indonesia. Zaman saat ini sudah begitu mengggobal yang ditandai dengan kecepatan dan pudarnya sekat-sekat batas yang memisahkan jarak, ruang dan waktu. Jika tidak sungguh-sungguh bekerja keras, berinovasi, dan produktif Indonesia akan terus tertinggal dari bangsa-bangs lain. Saatnya kita menjadi bangsa yang merdeka dari ketertinggalan, seperti yang presiden bilang dalam pidato kenegaraan di hadapan anggota DPR/MPR 16 Agustus 2016, bahwa sudah saatnya Indonesia  merdeka dari zona nyaman yang menghambat  kemajuan bangsa. Dirgahayu Indonesia! Kita harus optimis jika benar-benar bekerja keras kedepan Indonesia akan menjadi bangsa yang maju.


8 Responses to "Ihwal Indonesia Kerja Nyata"

  1. Replies
    1. Amin..emoga Indonesia benar-benar merdeka gan dalam artian yang sesungguhnya..

      Delete
  2. Merdeka merdeka dirgahayu indonesiaku :D

    ReplyDelete
  3. Harus bener bener kerja nyata gan dari sekarang , lakuin hal hal yang positif ...
    Salah satunya dengan blogging , hehe ...

    Btw numpang ninggalin link ya gan , mampir2 ke blog ane untuk nambah wawasan

    KuliahHukum.com

    ReplyDelete
  4. sepakat gan..harus sungguh-sungguh kerja keras..terma kasih telah berkunjung..siap meluncur gan..

    ReplyDelete