Berani Mengirimkan Tulisan ke Media (File Gagasan Selamat dan Buktikan!) | Paradigma Bintang

Berani Mengirimkan Tulisan ke Media (File Gagasan Selamat dan Buktikan!)

Menulis sejatinya merupakan suatu aktivitas berpikir yang menyenangkan. Dengan menulis segala ide, gagasan, kritikan, maupun harapan bisa dengan leluasa ditumpahkan. Ada kepuasan tersendiri saat tulisan karya kita bisa dinikmati dan diterima pembaca, apalagi dimuat oleh media mainstream kaliber nasional. Sungguh kepuasan itu benar-benar tidak bisa dinilai dengan jumlah nominal uang. Saya pernah membuktikannya betapa senangnya saat tulisan pertama saya dimuat koran harian Jawa Pos, 20 Oktober 2009. Saat itu, saya sedang mengenyam pendidikan bangku kuliah semester tiga. Dengan perasaan dag-dig-dug, saya memberanikan diri untuk mengirimkan tulisan (gagasan) pendek saya ke alamat email redaksi Jawa Pos. 

Gagasan Selamat dan Buktikan!
Ternyata di luar dugaan, keesokan harinya saya iseng cek di koran kantin, tempat anak kos biasa jajan, rupanya tulisan yang sehari sebelumnya saya kirim dimuat oleh Jawa Pos. Karena itu yang pertama kalinya, jujur, senangnya bukan main. Ada hal yang istimewa berkenaan dengan dimuatnya tulisan saya tersebut, yaitu isi tulisan pas, cocok, klop sekali dengan acara negara pada hari di mana tulisan saya dimuat. Untuk diketahui, ketika itu ada acara pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih hasil Pilpres 2009.

Sebagai mahasiswa, dengan segudang idealisme, tentu saya memiliki ekspektasi kepada presiden-wapres pilihan rakyat. Karenanya saya tuangkan dalam bentuk tulisan untuk dibaca dan dinikmati khalayak termasuk presiden-wapres terpilih. Itulah awal mula tulisan saya di muat di koran nasional. Masa menjadi mahasiswa adalah waktu yang tepat untuk bergulat dengan idealisme dan pengembangan diri. Belajar menulis serta berani mengirimkannya ke media merupakan cara efektif kita bisa berkembang. Semua kita memiliki potensi yang sama untuk maju. Jangan pernah takut dengan penolakan, mencoba dan terus mencoba akan membuat kita  terlatih. Stop alergi ide, saatnya berpikir dan bertindak. Berikut ini file tulisan saya ketika dikirimkan ke redaksi Jawa Pos.

Selamat dan Buktikan!

Jika tidak ada aral, melintang hari ini, Selasa (20 Oktober 2009) SBY-Boediono akan dilantik dan dikukuhkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2009-2014. Sebagai rakyat biasa, penulis mengucapkan selamat kepada pasangan SBY-Boediono. Ada banyak harapan dan doa dari acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih ini di antaranya adalah semoga momentum emas dan bersejarah ini menjadi starting point bagi terciptanya Indonesia yang lebih baik 5 tahun mendatang. Lebih dari itu  harapan dan doa lainnya adalah semoga pula pasangan terpilih SBY-Boediono bisa membuktikan dan merealisasikan janji-janji mereka waktu berkampanye dulu. Inilah saatnya untuk membuktikan itu semua. Sungguh! Bangsa Indonesia menanti bukti bakti kalian berdua. Buktikan!   

Tulisan ini dimuat di Koran Harian Jawa Pos, 20 Oktober 2009

8 Responses to "Berani Mengirimkan Tulisan ke Media (File Gagasan Selamat dan Buktikan!)"

  1. Bener gan, ane sama guru ane juga pernah bikin artikel terus dikirim eh trnyata terbit di koran, sumpah senengnya bukan main :D

    ReplyDelete
  2. wih keren gan.. kebetulan ane juga mau gitu. tapi kendalanya adalah waktu , trus yang paling utama adalah ada komisi gak ? :D

    tolong dijawab gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yg ini dulu sy tidak ada komisinya gan..Gak tahu bgmn kebijakan redaksi Jawa Pos..semestinya itu ada gan..

      Delete