Agar Sukses Mengikuti Job Fair | Paradigma Bintang

Agar Sukses Mengikuti Job Fair

Bursa kerja atau job fair kerap diadakan di sejumlah kota. Tidak jarang, bursa kerja digelar serentak atau dalam bentuk rangkaian (roadshow). Bursa kerja menjadi peluang meggiurkan untuk berburu lowongan kerja. Namun, mengunjungi bursa kerja berbekal CV dan surat lamaran kerja saja tidak cukup. Anda perlu mempersiapkan hal lainnya. 

Soal CV dan surat lamaran kerja, janganlah hanya membawa dalam bentuk print atau hard copy dan hanya membawa satu. Bawalah beberapa CV, Tidak hanya yang sudah dicetak, tetapi juga dalam bentuk file yang tersimpan dalam flashdisk. Berikut beberapa hal yang mesti menjadi catatan bagi anda yang berhasrat menghadiri job fair.

Sukses Menghadiri Bursa Kerja
Lengkap

Sejumlah perusahaan dalam bursa kerja biasanya menyediakan laptop khusus bagi pelamar kerja yang ingin meng-copy CV. Untuk itu, isilah flashdisk tidak hanya dengan CV, tetapi juga dengan file pas foto atau foto resmi dalam bentuk digital. Persuahaan tertentu bahkan tidak mempersyaratkan CV lengkap. Pelamar cukup mengisi opsi-opsi yang telah disediakan dalam program tertentu melalui laptop. Proses selanjutnya dilakukan oleh pelamar kerja. 
  
Agar jumlah CV yang dibawa tidak kelebihan atau justru kurang, cermatilah perusahaan yang mengikuti bursa kerja. Catatlah perusahaan-perusahaan yang anda sasar, susunlah CV dan bawalah dalam jumlah sesuai sasaran. Jika anda tidak yakin dengan suatu perusahaan, lebih baik tanyakan pada teman atau orang yang pergi ke bursa kerja terlebih dahulu. 

Galilah inforamasi dari mereka tentang profesi-profesi yang dibuka untuk para pelamar kerja. Terkadang, perusahaan sasaran tidak menawarkan jenis pekerjaan yang diinginkan. Jalin komunikasi melalui gawai dengan teman anda. Info yang diterima pun akan lebih efektif karena anda bisa menyeleksi perusahaan yang dimasuki dan profesi yang dikehendaki.

Wawancara

Kenakanlah pakaian rapi layaknya akan wawancara kerja. Sejumlah perusahaan dalam bursa kerja terkadang melakukan walk in interview atau wawancara langsung di lokasi bursa kerja. Biasanya gedung yang menjadi lokasi bursa kerja menyediakan area khusus untuk interview langsung. Anda pun perlu bersiap untuk wawancara di lokasi bursa kerja. Pun jangan anggap wawancara ini main-main. Meskipun, singkat dan padat, wawancara langsung di bursa kerja adalah seleksi awal masuk suatu perusahaan.

Persiapan wawancara kerja tidak hanya dari segi busana. Anda juga perlu menyiapkan mental. Berlatihlah wawancara sendiri di rumah. Pilih pertanyaan-pertanyaan yang diperkirakan akan diajukan oleh perwakilan perusahaan. Siapkan jawaban-jawaban terbaik, jangan lupa, kenali kekurangan dan kelebihan diri anda yang menunjang jenis pekerjaan yang disasar. Anda pun boleh menanyakan beberapa hal terkait pekerjaan saat wawancara. Sebaiknya jangan abaikan kesempatan ini. Siapkan beberapa pertanyaan yang anda anggap penting untuk ditanyakan saat wawancara kerja untuk mengetahui gambaran karir jika anda menjajaki suatu perusahaan. 

Persiapan lain

Asahlah kemampuan berbahasa Inggris atau bahasa asing lain yang sekiranya menunjang profesi yang anda inginkan. Tingkatkan rasa percaya diri anda ketika ketika melangkahkah kaki di bursa kerja. Melihat padatnya pengunjung yang sama-sama berburu pekerjaan di bursa kerja terkadang membuat nyali sebagian orang menciut. Belum lagi jika perwakilan perusahaan mengetes ketahanan mental anda dalam wawancara. Ketangguhan diri perlu diasah lagi jika mengunjungi bursa kerja.

Aktivitas berburu pekerjaan di bursa kerja seringkali menyita energi. Jika perlu, siapkan air minum dan camilan agar tubuh kuat saat berjalan dari satu booth ke booth perusahaan lainnya. Sehari sebelumnya, cukupkan waktu istirahat. Sempatkan diri untuk sarapan sebelum memulai perburuan lowongan pekerjaan.

0 Response to "Agar Sukses Mengikuti Job Fair"

Post a Comment