Tips Meredakan Mata Panda | Paradigma Bintang

Tips Meredakan Mata Panda

 
Munculnya lingkaran hitam di bawah mata yang tampak seolah seperti seperti mata panda memang menjengkelkan. Apalagi jika aktivitas harian anda menuntut bertemu dengan banyak orang terkati pekerjaan. Aplikasi kosmetik seperti alas bedak dan concealer memang dapat memudarkan lingkaran hitam di bawah mata. Namun, ketika aktivitas dilakukan berjam-jam dan tubuh berkeringat, kosmetik pun bisa luntur. Adakah cara mudah mengatasi lingkaran hitam atau mata panda itu sendiri?

Sebelum mengatasinya, lebih baik temukan faktor penyebab timbulnya mata panda. Lingkaran hitam di bawah mata mudah timbul jika seseorang terlalu banyak bergadang, stres, atau kelelahan. Riasan juga bisa memicu timbulnya mata panda.
Meredakan Mata Panda

Jika anda kerap menggunakan eyeliner, eyeshadow, atau maskara yang mudah luntur atau tidak tahan air, biasanya bagian bawah mata akan berwarna kehitaman. Meskipun, menggunakan produk kosmetik yang tahan air, jika kulit wajah seseorang berminyak, riasan yang memudar dan meninggalkan bekas di bawah mata bisa saja terjadi.

Penyebab lainnya adalah penyakit tertentu. Jika seseorang mengalami anemia, lingkaran hitam biasanya akan mudah muncul di sekitar area bawah mata. Penyakit ginjal juga bisa memicu lingkaran hitam bawah mata. Seseorang yang tengah menjalani proses perawatan akibat penyakit kanker juga sering kali disertai warna menghitam di sekitar mata. 

Penanganan mata panda paling baik disesuaikan dengan faktor pemicunya. Apabila lingkaran hitam muncul akibat pola istirahat yang kurang baik, solusinya adalah mencukupkan waktu istirahat. Kurangi waktu bergadang, tambahlah jam tidur agar tubuh lebih segar dan fit. Kelola stres dan lakukan refreshing atau liburan beberapa hari.

Jika anda tidak sempat membayar waktu istirahat atau berlibur, ada cara tradisional yang bisa dilakukan Di antaranya, mengompres area sekitar mata. Pilihan bahan kompresnya adalah es batu, irisan mentimun, dan kantung teh yang telah basah.

Kompreslah mata selama beberapa menit. Gantilah es batu, irisan mentimun, dan kantung teh dengan yang baru jika kondisinya tidak lagi dingin atau lingkaran hitam bawah mata belum memudar. Selama mengompres mata, pastikan tubuh dalam rileks atau santai. 

Lain halnya jika mata panda muncul akibat pemakaian kosmetik yang memudar dan menyebar ke area lain. Sebaliknya, pilih kosmetik yang tahan air atau waterproof. Bila anda mempunyai jenis kulit berminyak, pilih alas bedak atau foundation khusus yang dapat mengendalikan produksi minyak pada wajah. 

Pilih juga bedak yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak. Langkah ini dapat membantu wajah tidak mudah berminyak. Cara lainnya adalah mengompres area mata dengan air dingin atau es batu sebelum mengaplikasikan riasan. Cara ini dapat membuat kosmetik lebih awet. 

Jika lingkaran bawah mata muncul akibat penyakit tertentu atau proses penanganan penyakit, mata panda ini memang lebih susah dihilangkan. Jika penyakit telah tertangani dengan baik, lingkaran hitam bisa memudar dengan sendirinya.

Namun, bila Anda tetap ingin tampil cantik tanpa terganggu lingkaran hitam, samarkan area menghitam bawah mata dengan kosmetik. Gunakan alas bedak dan concealer yang sesuai dengan warna asli kulit. Jika mata panda masih sedikit terlihat, gunakan eyeshadow atau bedak yang lebih terang untuk menyelimuti area bawah mata. Cara ini akan membuat wajah terlihat lebih segar tanpa lingkaran hitam bawah mata.     

0 Response to "Tips Meredakan Mata Panda"

Post a Comment