Mengenal Gesits, Motor Listrik Produk Indonesia | Paradigma Bintang

Mengenal Gesits, Motor Listrik Produk Indonesia

Kabar menggembirakan datang dari jagad otomotif Indonesia. Kreativitas civitas akademika Institut Sepuluh November (ITS) Surabaya berhasil membuat sepeda motor listrik yang kemudian diberi nama Gesits, singkatan dari Garansindo Electric Scooter ITS. Skuter listrik pertama di Indonesia ini menurut rencana akan diproduksi massal pada tahun 2017 dengan harga sekitar Rp. 15 juta per unit. 

Mahakarya otomotif ini merupakan hasil kerja sama riset anara ITS dengan Garansindo Group, perusahaan otomotif pemegang merek mobil premium. Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir dalam acara launching Gesits menyatakan tekad dan komitmen pemerintah mengawal Gesits hingga produk massal. Setelah uji coba awal purwarupa Gesits, selanjutnya akan ada tahapan seperti uji kelayakan jalan dan uji desain.

Pada peluncuran perdana, tampak Gesits tidak bersuara saat melaju. Bentuk tubuh Gesits juga dirancang terlihat modern dengan lampu utama pipih. Ketua Laboratorium Mobil Listrik Nasional ITS Muhammad Nur Yunianto merupakan pemimpin tim periset Gesits menjelaskan bahwa hampir seluruh komponen sepeda motor listrik Gesits berasal dari produk lokal. satu-satunya komponen yang diimpor hanya baterai dari Jepang.

Baterai tersebut berkapasitas 5 kilowatt (kw) yang mampu membuat Gesits melaju hingga 100 kilometer sekali pengisian. Jika habis, baterai dapat diisi ulang di rumah atau tempat-tempat yang memiliki stop kontak aliran listrik. Untuk mengisi baterai sampai penuh dibutuhkan waktu 2 jam. Sepeda motor dapat dipacu hingga 100 km per jam.

Gesits juga memiliki keunggulan lain seperti adanya koneksi dengan telepon pintar berbasis android. Segala informasi mengenai mesin, seperti kecepatan dan daya baterai, dapat ditampilkan di layar telepon pintar yang tersambung ke sepeda motor melalaui bluetooth.

Anda penasaran dan ingin membeli Gesits? Nantikan tahun 2017 besok. Siapa bilang orang Indonesia tidak bisa? Buktinya motor listrik perdana digagas dan diproduksi oleh anak-anak bangsa. Tidak Jadi kedepan tidak hanya ada Honda Beat, Vario, Mio, tapi juga aka nada Gesits yang akan melayani kenyamanan berkendara bangsa Indonesia.

5 Responses to "Mengenal Gesits, Motor Listrik Produk Indonesia"