Mendampingi Kelompok Tani Desa | Paradigma Bintang

Mendampingi Kelompok Tani Desa


Menjadi sebuah kebahagiaan bagi saya selaku Sarjana Penggerak Desa (PSP3) bisa berinteraksi dan berbaur langsung dengan masyarakat kelompok petani desa yang legalitasnya diakui pemerintah. Hari itu saya menghadiri acara yang diselenggarakan oleh kelompok tani Bina Bakti dengan menghadirkan dinas induk mereka, yaitu dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Kabupaten Garut dan UPTD Pertanian Kecamatan Samarang. Bisa dipastikan, Kelompok Petani Bina Bakti adalah satu-satunya kelompok dari desa Tanjung Karya yang terdaftar dan diakui pemerintah.  Acara ini dilangsungkan di sekretariat kelompok tani Bina Bakti, kampung Cisaat, desa Tanjung Karya, Kamis (19/3/15).

Acara hari itu adalah pembukaan Sekolah Lapangan tentang Penanggulangan Hama Tanaman Pangan bagi anggota kelompok Bina Bakti. Menghadiri acara ini membuat saya mengetahui hal baru, saya bisa memahami kondisi dunia yang benar-benar berbeda dari sebelumnya; kikuk, buta, alias tidak mengerti akan dunia tani. Hari itu saya seakan diperkenalkan bahwa hidup ini memiliki begitu banyak varian di antaranya ya bertani. Jarang-jarang saya berkesempatan mendampingi petani, karena itu momentum tersebut saya manfaatkan untuk berinteraksi dengan mereka, tukar pikiran, dan silaturrahmi. 

Acara hari itu juga dihadiri Kades Tanjung Karya, Camat Samarang, Babinsa Tanjung Karya, PSP3 Tanjung Karya, anggota kelompok Bina Bakti, dan mahasiswa BKP IPDN. Inilah barangkali yang disebut dengan learning by participating.  




0 Response to "Mendampingi Kelompok Tani Desa"

Post a comment