Tips Merangkai Kalimat | Paradigma Bintang

Tips Merangkai Kalimat

Penggalan lirik lagu Jamrud yang berbunyi : ''mungkin butuh kursus merangkai kata'' menurut hemat saya ada benarnya, terkadang untuk merangkai satu kata dengan kata lain sehingga menjadi satu kalimat efektif yang dapat dipahami pembaca seorang penulis atau siapapun merasa kesulitan dan keteteran. Sejujurnya, saya pun merasakan hal yang sama, adakalanya kerepotan merangkai untaian kata menjadi kalimat. Namun begitu, saya tidak patah arang, saya mensiasatinya dengan tips-tips ampuh yang bisa mempermudah saya keluar dari kesulitan merangkai kata. Berikut tips mujarab sukses merangkai kata.

1. Awali kalimat dengan kata yang menarik dan sederhana, membuka suatu kalimat haruslah dengan kata yang bisa mencuri perhatian pembaca, kesan pertama pembaca sangat ditentukan oleh kata pembuka suatu kalimat. Semakin seksi suatu kata, peluang untuk menarik pembaca terus menelusuri bacaan di baris dan alinea berikutnya cukup terbuka. Jadi, bukalah suatu kalimat semenarik mungkin.
2. Perhatikan logika kata, setelah membuka kalimat dengan kata yang menarik dan mengesankan, adakalanya juga penulis memperhatikan logika kata yang dipakai. Hal ini penting untuk menghindari adanya mispersepsi bagi pembaca. Selain memilih kata yang menarik,logika kata juga penting diperhatikan.
3. Jaga konsistensi irama kata, kalimat yang baik adalah kalimat yang runtut, bisa menghubungkan satu kalimat dengan kalimat lain, hal ini akan sangat terlihat jika kumpulan kata yang menjadi kalimat kemudian menjadi satu paragraf utuh yang jika dibaca membuat pembacanya puas, tidak ambigu dan menuntun pembaca mau melanjutkan ke paragraf berikutnya.
4. Perbanyak membaca bahan bacaan yang sudah mapan, jika bingung harus bagaimana memulai kata agar menjadi kalimat efektif, saya merekomendasikan untuk membaca sumber bacaan yang kredibel seperti harian Kompas dan sebagainya. Perhatikan bagaimana tulisan yang dimuat, perhatikan juga gaya orang menulis, dan segeralah memperbanyak praktik dengan gaya sendiri. 

0 Response to "Tips Merangkai Kalimat"

Post a comment