Tentang Jalan Lingkungan | Paradigma Bintang

Tentang Jalan Lingkungan

Jalan adalah sarana orang berjalan dan berlalu lalang, jalan juga merupakan penghubung manusia dengan tujuannya. Jalan yang baik akan mendukung tercapainya tujuan pejalan, begitupun sebaliknya jalan yang buruk bisa menghambat tujuan pejalannya. Tinggal di kampung dengan sejuta persoalannya adalah tantangan tersendiri bagi siapapun yang mengalaminya, ditakdirkan pernah tinggal di suatu kampung saya harus menghadapi kenyataan bahwa infrastruktur di kampung tersebut kurang memadai. Salah satu persoalan yang mengemuka adalah kurang kondusifnya jalan lingkungan di kampung tersebut, jalannya hanya setapak, kalau hujan jalan menjadi becek sekali, bahkan tidak jarang banyak pejalan dan pengendara yang jatuh ke sawah. 

                                               PARADIGMA/ZAHIR ALFATIH
Beberapa tokoh warga kampung menyadari betul kondisi tersebut, sudah lama keluhan itu disampaikan kepada pihak berwenang, namun responnya hanya sekedar iya, iya saja. Tidak ada langkah konkret yang mengindikasikan aksi nyata dari pentingnya aspirasi warga segera diwujudkan. Mengetahui kondisi tersebut, saya putuskan untuk mengambil inisiatif mengumpulkan tokoh-tokoh warga kampung untuk saya ajak musyawarah dan membentuk kepanitiaan pembangunan jalan lingkungan. Suatu pengalaman yang jarang-jarang saya dapatkan sebelumnya, ternyata tokoh warga kampung menyambut positif inisiatif saya, dan musyawarah menghasilkan beberapa mufakat, seperti; terbentuknuya kepanitiaan, dan estimasi anggaran biaya pembangunan jalan lingkungan. 

Dan segera setelah musyawarah digelar, saya langsung buatkan proposal pembangunan jalan lingkungan sepnjang 200 meter dengan lebar 1 meter, pihak yang mengetahui isi proposal adalah Kades, Camat untuk kemudian diajukan kepada Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Tarkim). Proposal itu akhnirnya sampai juga, hanya saja, tindak lanjutnya saya kurang berwenang untuk memastikan. Peran saya hanya sebatas menjembatani dan menyambungkan aspirasi warga sampai pada pos yang dituju, selebihnya pihak terkait yang berwenang memutuskan. Foto-foto di bawah ini adalah kondisi riil jalan lingkungan kampung yang mendesak untuk segera ditangani.

0 Response to "Tentang Jalan Lingkungan"

Post a comment